Setelah Satu Dekade, Liga Arab Setuju Pulihkan Status Keanggotaan Suriah

Minggu, 07 Mei 2023 - 23:00 WIB
loading...
Setelah Satu Dekade, Liga Arab Setuju Pulihkan Status Keanggotaan Suriah
Ilustrasi
A A A
KAIRO - Menteri luar negeri dari negara-negara anggota Liga Arab telah setuju untuk memulihkan keanggotaan Suriah setelah penangguhannya lebih dari 10 tahun yang lalu. Para menteri memilih kembalinya Suriah ke markas besar Liga Arab di Kairo, Mesir, pada Minggu (7/5/2023).

Keputusan itu dibuat sebelum KTT Liga Arab di Arab Saudi pada 19 Mei dan di tengah kesibukan normalisasi hubungan regional dengan Damaskus dalam beberapa pekan terakhir.



Keanggotaan Suriah di Liga Arab dicabut setelah Presiden Bashar al-Assad memerintahkan tindakan keras terhadap pengunjuk rasa pada Maret 2011, yang membuat negara itu berada dalam perang saudara yang telah menewaskan hampir setengah juta orang dan menelantarkan 23 juta lainnya.

“Ketika al-Assad memperkuat kendalinya atas wilayah Suriah, negara-negara Arab telah berusaha untuk menormalkan hubungan, bekerja menuju “jalur politik yang dipimpin Arab” dalam menyelesaikan krisis,” kata diplomat tinggi Yordania, menurut kantor berita The Associated Press.

Pemungutan suara berlangsung setelah pertemuan para diplomat top regional dari Mesir, Irak, Arab Saudi, dan Suriah di Yordania pekan lalu, di mana mereka menjuluki proses membawa Damaskus kembali ke Arab sebagai "Inisiatif Yordania".



Pemulihan hubungan dengan Damaskus dipercepat setelah gempa mematikan 6 Februari di Turki dan Suriah, dan pembentukan kembali hubungan yang ditengahi China antara Arab Saudi dan Iran, yang telah mendukung pihak lawan dalam konflik Suriah.

Sementara Arab Saudi telah lama menolak normalisasi hubungan dengan al-Assad, Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud mengunjungi Damaskus bulan lalu untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, kedua negara juga memulihkan kedutaan dan penerbangan di antara mereka.

Presiden Iran Ebrahim Raisi juga mengunjungi Damaskus pekan lalu, menandatangani perjanjian perdagangan dan minyak jangka panjang.



Yordania, Kuwait, dan Qatar menentang kehadiran al-Assad di KTT Liga Arab, mengatakan undangan sebelum Damaskus setuju untuk merundingkan rencana perdamaian akan terlalu dini.

Sementara itu, Amerika Serikat mengatakan tidak akan mengubah kebijakannya terhadap pemerintah Suriah, menganggapnya sebagai negara "nakal", dan mendesak negara-negara Arab untuk mendapatkan imbalan karena terlibat dengan al-Assad.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2230 seconds (0.1#10.140)