Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Polandia di Atas Laut Hitam

Minggu, 07 Mei 2023 - 11:09 WIB
loading...
Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Polandia di Atas Laut Hitam
Jet tempur Rusia, Su-35, mencegat pesawat Polandia di atas Laut Hitam. Foto/Ilustrasi
A A A
BUKARES - Jet tempur Rusia mencegat sebuah pesawat Polandia yang berpatroli untuk badan perbatasan Uni Eropa di atas Laut Hitam. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Rumania, mencela tindakan itu sebagai perilaku "agresif dan berbahaya" Moskow.

"Pesawat penjaga perbatasan Polandia sedang melakukan patroli rutin Frontex dengan polisi perbatasan Rumania pada Jumat ketika dicegat oleh manuver agresif dan berbahaya berulang kali, yang dilakukan oleh pesawat tempur Sukhoi Su-35," kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan seperti disitir dari Al Arabiya, Minggu (7/5/2023).

Pernyataan itu menambahkan pesawat Rumania dan Spanyol diberi "peringatan sebelumnya" oleh NATO ketika insiden itu terjadi, tetapi awak Polandia berhasil mendarat dengan selamat.



Insiden itu terjadi di wilayah udara internasional di atas Laut Hitam, sekitar 60 kilometer sebelah timur wilayah udara Rumania, kata kementerian tersebut.

“Insiden ini adalah bukti lebih lanjut dari pendekatan provokatif Federasi Rusia di Laut Hitam.” kata Bukares.

Dihubungi oleh AFP, badan perbatasan Eropa Frontex tidak segera menanggapi. Penjaga perbatasan Polandia juga menolak berkomentar, mengatakan pernyataan akan dikeluarkan pada hari Minggu waktu setempat.

Pesawat Polandia telah dikerahkan di Rumania mulai 19 April dan akan tetap di sana hingga 17 Mei, bagian dari operasi Frontex yang diselenggarakan oleh Rumania yang juga mencakup Spanyol dan Swedia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)