5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III

Minggu, 07 Mei 2023 - 07:55 WIB
loading...
5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III
Sejumlah momen terbaik hadir dalam penobatan Raja Charles III. Foto/US Weekly
A A A
LONDON - Dunia telah menyaksikan peristiwa penobatan raja Inggris, Charles III, dan Ratu Camilla yang sangat dinantikan.

Upacara bersejarah, diadakan di Westminster Abbey di London, dihadiri oleh beberapa tamu istimewa, termasuk Ibu Negara Amerika Sertikat (AS) Jill Biden, sejumlah selebritas dan banyak anggota keluarga kerajaan.

Dari kebaktian di gereja hingga prosesi melalui London dan lambaian pertama Charles sebagai raja dari balkon di Istana Buckingham, ada sejumlah momen terbaik terbaik dari tradisi yang bertahan lama yang menandai "penobatan resmi seorang raja dengan kekuatan agung," menurut situs web keluarga kerajaan yang dilansir ABC News, Minggu (7/5/2023).

Berikut adalah lima momen terbaik dari penobatan Raja Charles III

1. Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla

5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III

Foto: 9News

Selama kebaktian di Westminster Abbey, Charles dimahkotai dengan mahkota berusia 400 tahun. Momen penobatan terjadi ketika Uskup Agung Canterbury menempatkan Mahkota St Edwards - yang beratnya hampir lima pon dan terbuat dari emas murni - di atas kepala Charles.

Untuk menandai momen tersebut, jemaat menyanyikan "God Save the King", saat lonceng di Westminster Abbey dibunyikan dan tembakan senjata ditembakkan ke seluruh Inggris.

Layanan tersebut juga melihat Camilla diurapi oleh uskup agung dan dimahkotai dengan Mahkota Ratu Mary, menandai pertama kalinya sebuah mahkota baru tidak dibuat untuk seorang permaisuri. Queen Mary Crown dirancang ulang untuk Camilla, termasuk penghapusan replika berlian Koh-i-Noor yang kontroversial.

5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III

Foto:ABC News

Saat Camilla dinobatkan, paduan suara menyanyikan "Make a Joyful Noise", lagu baru yang disusun oleh Andrew Lloyd Webber untuk penobatan.

2. Pangeran Harry hadir sendirian tanpa istri, Meghan, Duchess of Sussex

5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III

Foto: People

Pangeran Harry, yang tinggal di California, AS, tiba di Westminster Abbey sendirian tanpa istrinya, Meghan, Duchess of Sussex, yang tinggal di rumah bersama dua anak mereka, Pangeran Archie dan Putri Lilibet.

Mengikuti aturan berpakaian untuk sebagian besar tamu yang hadir, Harry terlihat mengenakan morning suit dan tampak bersemangat saat memasuki venue bersama sepupunya, Putri Beatrice dan Putri Eugenie, bersama dengan suami mereka.

Harry, pewaris tahta kelima, duduk berjajar dengan tamu lain termasuk Putri Beatrice, Putri Eugenie dan suami mereka. Penampilannya di acara tersebut menandai reuni publik pertamanya dengan anggota keluarga kerajaan lainnya dalam delapan bulan setelah dia terakhir terlihat bersama mereka di pemakaman Ratu Elizabeth II pada bulan September lalu.

3. Momen ayah dan anak Pangeran William dengan Raja Charles III

5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III

Foto: News in Germany

Pangeran William memberi penghormatan kepada ayahnya Raja Charles III atas nama keluarga kerajaan, mengikuti penghormatan dari Uskup Agung Canterbury atas nama Uskup Gereja Inggris. Selama upacara, William memberi Charles ciuman di pipi, menunjukkan momen ayah dan anak yang manis kepada publik.

William juga bersumpah setia kepada Charles selama peristiwa bersejarah tersebut.

"Saya, William, Pangeran Wales, berjanji setia kepada Anda dan iman serta kebenaran yang akan saya berikan kepada Anda, sebagai penghubung hidup dan anggota tubuh Anda. Jadi bantu saya Tuhan," kata William.

Sebagai tanggapan, Charles yang tampak emosional saat itu, mengangguk dan berkata: "Amin."

4. Ketiga anak Pangeran William dan Kate menghadiri perayaan tersebut

5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III

Foto: ABC News

Pangeran William dan Kate muncul di penobatan Raja Charles III bersama ketiga anak mereka, Pangeran George (9), Putri Charlotte (8), dan Pangeran Louis (5).

Putra tertua Pangeran dan Putri Wales adalah Page of Honour, memproses di belakang Charles dan memegang jubah seremonialnya saat mereka memasuki Westminster Abbey.

5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III

Foto: ABC News

Sementara itu, Putri Charlotte dan Pangeran Louis, melakukan perjalanan secara terpisah ke Westminster Abbey, mengendarai mobil yang sama dengan ibu mereka.

Untuk kesempatan itu, George mengenakan tunik merah cerah dengan detail renda emas dan manset beludru biru, bersama dengan celana wol dan sepatu bot. Kate dan Charlotte sama-sama mengenakan hiasan kepala bunga dengan hiasan kepang perak untuk penobatan.

Setelah kebaktian, George, Charlotte, dan Louis bergabung dengan prosesi penobatan kembali ke Istana Buckingham, menaiki kereta bersama orang tua mereka, William dan Kate.

5. Lambaian pertama Raja Charles III sebagai raja dari balkon di Istana Buckingham

5 Momen Terbaik dari Penobatan Raja Charles III

Foto:KVCR News

Raja Charles III melangkah ke balkon di Istana Buckingham memberikan lambaian pertamanya sebagai Raja Inggris. Generasi monarki masa depan, Pangeran William dan putranya Pangeran George - yang pertama dan kedua di garis tahta, masing-masing - juga hadir di balkon.

Bergabung dengan raja dan calon raja di balkon adalah Camilla, Kate, Charlotte dan Louis, bersama dengan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Selain itu, berdiri di samping Charles dan Camilla adalah para pemuda yang menjabat sebagai Page of Honour mereka. Page of Honour Charles termasuk cucunya George serta Lord Oliver Cholmondeley, Master Nicholas Barclay dan Master Ralph Tollemache.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)