Wakil PM Polandia Sesalkan Separuh Eropa Ingin Hubungan Lebih Baik dengan Rusia

Rabu, 03 Mei 2023 - 09:15 WIB
loading...
Wakil PM Polandia Sesalkan Separuh Eropa Ingin Hubungan Lebih Baik dengan Rusia
Wakil Perdana Menteri (PM) Polandia Piotr Glinski. Foto/Fratria
A A A
WARSAWA - Wakil Perdana Menteri (PM) Polandia Piotr Glinski menyesalkan fakta masih ada "ancaman" bahwa hubungan antara Rusia dan negara-negara Uni Eropa (UE) dapat kembali seperti sebelum keretakan saat ini.

Dia mengecam partai-partai oposisi di Polandia, serta "setengah dari Eropa", karena menyimpan harapan memperbaiki hubungan dengan Moskow.

Berbicara kepada outlet berita Kurier Lubelski, Glinski ditanya apakah dia percaya Warsawa "dalam bahaya" untuk kembali ke politik "naif" ketika, misalnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov diundang bertemu duta besar Polandia di Warsawa pada 2010 untuk meningkatkan hubungan bilateral.

“Sayangnya, ancaman kembalinya hubungan ini masih ada,” jawab dia.

Glinski mengklaim "lawan politik" pemerintah serta pemilih mereka adalah "sandera kelompok kepentingan yang hanya berpikir untuk mengakhiri perang di Ukraina sesegera mungkin dan terus menjadi klien Rusia dan berbisnis dengannya."



Dia menambahkan, “Setengah dari Eropa seperti itu, menunggunya.”

Komentar wakil perdana menteri datang ketika Menteri Luar Negeri Polandia Marcin Przydacz juga mengatakan kepada Financial Times pada Selasa (2/5/2023) bahwa Warsawa berencana menuntut reparasi Perang Dunia II dari Rusia, seperti yang telah dilakukan dari Jerman, dari mana dia meminta sekitar 1,3 triliun euro (USD1,43 triliun).

“Kita memperlakukan Berlin dan Moskow dengan cara peradaban yang berbeda,” ujar Przydacz mengatakan kepada outlet tersebut.

Dia mencatat begitu ada “kesuksesan” dalam memeras uang tunai dari Jerman, langkah selanjutnya adalah “meluncurkan diskusi semacam itu dengan penindas lainnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)