Negara Tetangga Rusia dan Anggota Baru NATO Siap Sambut Pangkalan Militer AS

Rabu, 03 Mei 2023 - 06:43 WIB
loading...
Negara Tetangga Rusia dan Anggota Baru NATO Siap Sambut Pangkalan Militer AS
Tentara Polandia berada di atas tank saat parade militer. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Finlandia diduga sudah dalam pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) mengenai Perjanjian Kerjasama Pertahanan (DCA).

“Perjanjian itu akan memungkinkan pasukan AS untuk dikerahkan secara bebas ke negara NATO yang baru diakui,” ungkap seorang pejabat urusan luar negeri Finlandia, Mikael Antell, kepada surat kabar Helsingin Sanomat (HS).

Outlet tersebut melaporkan Antell, yang menjabat sebagai wakil direktur jenderal Kementerian Luar Negeri untuk urusan politik, memimpin negosiasi bilateral dan putaran diskusi terakhir berlangsung di ibu kota Finlandia pekan lalu.

Menurut Antell, perjanjian itu dimaksudkan untuk menambah keanggotaan NATO Finlandia saat ini, yang diberikan pada April, dan untuk memperkuat kemampuan pencegahan dan pertahanan negara melalui kehadiran AS dan penempatan peralatan pertahanan yang canggih.

“Yang paling penting adalah perjanjian itu memungkinkan kerja sama yang lancar dengan Amerika Serikat dalam semua situasi keamanan dan juga dalam waktu singkat,” ujar dia kepada HS.



Dia menjelaskan DCA akan memungkinkan masuk dan tinggalnya pasukan AS, penyimpanan material di muka, dan kemungkinan investasi infrastruktur melalui dana yang diberikan kepada Pentagon oleh Kongres AS.

Antell mencatat meskipun perjanjian tersebut dapat menciptakan peluang investasi di Finlandia, “terlalu dini untuk berspekulasi” tentang investasi tertentu.

Namun, dia menyarankan bahwa ini bisa menjadi sesuatu seperti pendanaan pusat perawatan untuk jet tempur F-35.

Diplomat senior itu juga menekankan AS saat ini tidak bertujuan untuk kehadiran permanen di negara itu, tetapi berusaha beroperasi dengan prinsip rotasi, seperti memindahkan pasukan masuk dan keluar untuk berbagai jangka waktu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)