Terjadi Lagi, Kapal Patroli China dan Filipina Hampir Tabrakan di Laut China Selatan

Minggu, 30 April 2023 - 20:30 WIB
loading...
Terjadi Lagi, Kapal Patroli China dan Filipina Hampir Tabrakan di Laut China Selatan
Satu kapal Penjaga Pantai China berada di dekat Pulau Thitu yang diduduki Filipina, di Kepulauan Spratly yang disengketakan, Laut China Selatan, pada 9 Maret 2023. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Kapal-kapal patrol China dan Filipina nyaris bertabrakan di Laut China Selatan pada Minggu (30/4/2023). Kejadian terbaru itu sebagai tanda lain dari ketegangan lanjutan atas perairan yang diperebutkan karena kedua belah pihak saling menuduh melakukan gangguan dan provokasi.

Sebelumnya, dua kapal penjaga pantai China memblokir kapal patroli Filipina di sekitar beting Ayungin pada 23 April, dengan salah satu kapal melakukan “manuver berbahaya dan berada dalam jarak 50 yard dari kapal negara Asia Tenggara itu,” menurut penjaga pantai Filipina pada Jumat.

“Kejadian serupa didokumentasikan pada 19 April di area yang sama,” ungkap Departemen Luar Negeri (Deplu) Filipina.

Deplu Filipina mengutip insiden lain dari “manuver yang sangat berbahaya oleh kapal China.”

“Manuver China profesional dan terkendali," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning pada Jumat dalam jumpa pers reguler di Beijing.



“Perlu ditekankan bahwa kapal Filipina menyusup ke perairan itu dengan staf pers di dalamnya. Ini memperjelas bahwa itu adalah provokasi terencana yang dirancang untuk memulai gesekan, menyalahkan China dan membesar-besarkan insiden tersebut,” papar Mao.

Kedua negara telah terkunci dalam sengketa teritorial di perairan yang kaya sumber daya, dengan pemerintah Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr meningkatkan protes atas tindakan Beijing.

China telah menyatakan kehadirannya di wilayah itu sah, bahkan setelah pengadilan internasional membatalkan klaim lautnya yang luas pada tahun 2016.

Insiden itu terjadi saat AS dan Filipina melakukan latihan militer gabungan terbesar mereka yang akan berakhir Jumat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)