Rusia Serang Museum di Ukraina Timur, 1 Tewas dan 10 Terluka

Rabu, 26 April 2023 - 08:00 WIB
loading...
Rusia Serang Museum di Ukraina Timur, 1 Tewas dan 10 Terluka
Rusia Serang Museum di Ukraina Timur, 1 Tewas dan 10 Terluka. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Pasukan Rusia menyerang sebuah museum di pusat kota Kupiansk, Ukraina timur, Selasa (25/4/2023). Serangan itu menewaskan satu orang, melukai 10 lainnya dan mengubur yang lainnya di bawah reruntuhan.

“Sejauh ini kami mengetahui seorang pekerja museum tewas dan 10 terluka. Ada lebih banyak orang di bawah reruntuhan. Pemulihan dari penembakan terus berlanjut. Semua lembaga yang diperlukan terlibat,” tulis Zelensky, seperti dikutip dari Reuters.



Kepala Staf Kepresidenan dan gubernur daerah mengatakan, kerusakan itu disebabkan oleh rudal S-300 Rusia. Moskow membantah sengaja menargetkan warga sipil dalam invasi skala penuh yang telah menewaskan ribuan orang, menumbangkan jutaan orang dan menghancurkan kota.

Zelensky memposting video tentang bangunan yang rusak parah yang memuntahkan puing-puing ke jalan. Jendelanya hancur dan sebagian dinding serta atapnya hancur.



Kupiansk, yang memiliki populasi 26.000 sebelum perang, terletak di wilayah Kharkiv. Ini adalah pusat kereta api penting yang diduduki oleh pasukan Rusia selama berbulan-bulan setelah mereka menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Pasukan Ukraina mengejar mereka keluar dari Kupiansk dalam serangan balasan kilat pada bulan September yang juga merebut kembali kota Izium dan Balakliia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)