Rusia Dilaporkan Terjunkan Tank Penantang Challenger dan Leopard ke Ukraina

Rabu, 26 April 2023 - 05:21 WIB
loading...
Rusia Dilaporkan Terjunkan Tank Penantang Challenger dan Leopard ke Ukraina
Tank tempur tercanggih Rusia, T-14 Armata, dilaporkan dikerahkan ke Ukraina. Foto/Newsweek
A A A
MOSKOW - Tank tempur tercanggih Rusia, T-14 Armata, telah dikerahkan untuk melawan pasukan Ukraina. Kantor berita Rusia, RIA Novosti, melaporkannya mengutip sebuah sumber.

Berita itu muncul saat Kiev sedang merencanakan serangan yang menentukan terhadap pasukan Moskow.

“Pasukan Rusia telah mulai menggunakan tank Armata terbaru untuk menembak ke posisi Ukraina,” kata sumber itu, menambahkan bahwa tank tersebut belum berpartisipasi dalam aksi penyerangan langsung, seperti dikutip dari RT,Rabu (26/4/2023).

Menurut sumber tersebut, tank T-14 Armata dilengkapi dengan perlindungan tambahan dari amunisi anti-tank. Awak tank telah berlatih di salah satu republik Donbass Rusia yang baru didirikan sejak 2022.

Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk memilih untuk menjadi bagian dari Rusia pada September 2022. Kedua wilayah memisahkan diri dari Ukraina setelah kudeta tahun 2014 di Kiev.



Pada bulan Februari, sebuah video diposting di media sosial yang konon menunjukkan tank T-14 menembakkan senjata 125mm di zona operasi militer khusus di Ukraina.

Konstantin Sivkov, Wakil Presiden Akademi Ilmu Roket dan Artileri Rusia, mengatakan kepada situs berita URA.ru pada hari Selasa bahwa tank T-14 akan diadu dengan Challenger 2 Inggris dan Leopard 2A6 buatan Jerman yang dijanjikan ke Kiev oleh negara-negara NATO.

“Armata melampaui kedua tank Barat terbaru ini dalam hal karakteristik teknis,” kata Sivkov.

Dia menambahkan bahwa tank T-14 dapat beroperasi sebagai “komando (pusat)” dalam kelompok tank T-90M Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)