Laboratorium Diduduki Pihak Bertikai di Sudan, WHO Ingatkan Ancaman Bahaya Biologis

Selasa, 25 April 2023 - 21:09 WIB
loading...
Laboratorium Diduduki Pihak Bertikai di Sudan, WHO Ingatkan Ancaman Bahaya Biologis
Ancaman bahaya biologis bayangi konflik bersenjata di Sudan setelah sebuah laboratorium diduduki personel pihak-pihak yang bertikai. Foto/Ilustrasi
A A A
KHARTOUM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa personel pihak yang bertikai di Sudan telah menduduki laboratorium publik nasional yang menyimpan sampel penyakit termasuk polio dan campak, menciptakan situasi sangat berbahaya.

"(Mereka) mengusir semua teknisi dari lab yang sepenuhnya berada di bawah kendali salah satu pihak yang berperang sebagai pangkalan militer," kata Nima Saeed Abid, perwakilan WHO di Sudan, seperti dikutip dari Arab News, Selasa (25/4/2023).

Namun dia tidak mengatakan pihak mana dari pihak-pihak yang bertikai yang telah mengambil alih laboratorium tersebut.

Abid mengatakan dia telah menerima telepon dari kepala laboratorium nasional di Khartoum pada hari Senin, sehari sebelum gencatan senjata 72 jam yang ditengahi Amerika Serikat (AS) antara para jenderal yang bertikai di Sudan secara resmi mulai berlaku setelah 10 hari pertempuran perkotaan.

“Ada risiko biologis yang sangat besar terkait dengan pekerjaan laboratorium kesehatan masyarakat pusat,” kata Abid.

Dia menunjukkan bahwa laboratorium tersebut menyimpan apa yang disebut isolat, atau sampel, dari berbagai penyakit mematikan, termasuk campak, polio, dan kolera.



Dikatakan oleh Abid, direktur lab juga telah memperingatkan bahaya menipiskan stok kantong darah berisiko rusak karena kurangnya daya.

“Selain bahaya kimia, bahaya biorisk juga sangat tinggi karena genset yang tidak berfungsi dengan baik,” ujarnya.

WHO juga mengatakan telah mengkonfirmasi 14 serangan terhadap perawatan kesehatan selama pertempuran, menewaskan delapan orang dan melukai dua lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)