Ini Negara yang Sudah Mengevakuasi Warganya dari Sudan

Senin, 24 April 2023 - 20:38 WIB
loading...
Ini Negara yang Sudah Mengevakuasi Warganya dari Sudan
Warga asing dievakuasi dari zona perang di Sudan. Foto/REUTERS
A A A
KHARTOUM - Perang Sudan yang sudah memasuki pekan kedua membuat sejumlah negara mengevakuasi warganya agar terhindar dari perang Sudan. Evakuasi dilakukan di tengah pertempuran sengit antara pasukan pemerintah Sudan dengan RSF.

Evakuasi yang dilakukan tak selamanya berjalan lancar. Itensnya pertempuran membuat proses evakuasi harus berhenti untuk sementara waktu. Berikut sejumlah negara yang telah melakukan evakuasi warganya dari Sudan:

1. Amerika Serikat


Presiden Joe Biden mengatakan bahwa personel pemerintah Amerika Serikat (AS) telah dievakuasi dari Sudan. Biden juga mengucapkan terima kasih kepada pasukan AS yang menjalan misi genting mengevakuasi staf diplomatik Amerika di Sudan.

Sekitar 70 staf Amerika diterbangkan dari zona pendaratan di kedutaan ke lokasi yang dirahasiakan di Ethiopia, menurut dua pejabat AS yang mengetahui misi tersebut. Pasukan AS melakukan operasi itu saat pertempuran antara dua komandan bersenjata Sudan — yang telah menewaskan lebih dari 400 orang, menempatkan negara itu dalam risiko kehancuran dan dapat memiliki konsekuensi yang jauh melampaui perbatasannya — memasuki minggu kedua.

“Saya bangga dengan komitmen luar biasa dari staf Kedutaan Besar kami, yang menjalankan tugasnya dengan keberanian dan profesionalisme serta mewujudkan persahabatan dan hubungan Amerika dengan rakyat Sudan,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

2. Arab Saudi


Arab Saudi mulai mengatur evakuasi warganya dan beberapa warga negara dari negara-negara “persaudaraan dan sahabat” lainnya dari Sudan. Ini dilakukan saat bentrokan semakin intensif meskipun ada gencatan senjata Idul Fitri.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan orang-orang yang dievakuasi akan diterbangkan ke Arab Saudi. "Keputusan itu datang dalam pelaksanaan arahan Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman untuk mengawasi perlindungan dan keselamatan warga Kerajaan di Republik Sudan,” kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi seperti dilansir dari Arab News, Sabtu (22/4/2023).

Arab Saudi dilaporkan telah mengevakuasi sekitar 150 warga asing dengan menggunakan kapal Angkatan Laut Kerajaan Arab Saudi. Warga asing yang dievakuasi berasal dari sejumlah negara.

3. Prancis


Prancis telah mulai mengevakuasi warganya dan staf diplomatiknya dari Sudan , di mana pertempuran antara pasukan yang bersaing telah memasuki minggu kedua. Hal itu diungkapkan Kementerian Luar Negeri Prancis, Minggu (23/4/2023).

Kementerian mengatakan telah memulai "operasi evakuasi cepat" dan bahwa warga negara Eropa dan orang-orang dari "negara mitra sekutu" juga akan dibantu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)