Rusia Balas Pengusiran Massal Diplomatnya

Minggu, 23 April 2023 - 04:16 WIB
loading...
Rusia Balas Pengusiran Massal Diplomatnya
Rusia balas pengusiran massal diplomatnya oleh Jerman. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia mengungkapkan Jerman telah memutuskan untuk mengusir sekelompok besar diplomat Rusia dari negara itu. Kementerian itu pun mengutuk tindakan bermusuhan dan menjanjikan aksi balasan.

"Kami mengutuk keras tindakan Berlin ini, yang terus menghancurkan keseluruhan hubungan Rusia-Jerman, termasuk dalam dimensi diplomatik mereka," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari RT,Minggu (23/4/2023).

Kementerian itu mengatakan pihak Jerman telah berusaha merahasiakan masalah ini, namun mereka sendiri membocorkan informasi media tentang pengusiran yang mengancam.

Awal April, berbagai laporan oleh media Jerman menyatakan bahwa tindakan pengusiran itu dipelopori secara pribadi oleh Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock, yang ingin mengirim lebih dari 30 staf diplomatik Rusia berkemas.

“Pihak Jerman, terlepas dari jaminan berulang kali bahwa mereka tidak ingin mempublikasikan cerita ini, memberi tahu perwakilan media… tentang usahanya,” kata kementerian itu.



Moskow telah memilih untuk menanggapi tindakan bermusuhan terbaru, kementerian menambahkan, tanpa memberikan jumlah pasti diplomat yang akan diusir oleh masing-masing pihak.

"Rusia akan secara signifikan membatasi jumlah maksimum pegawai misi diplomatik Jerman di negara kita," katanya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menguraikan lebih lanjut tentang masalah tersebut tak lama setelah pernyataan itu dirilis, membenarkan kepada media Rusia bahwa lebih dari 20 diplomat akan dipulangkan oleh masing-masing pihak.

Juru bicara itu juga menjelaskan bahwa Jerman telah memberi tahu Rusia tentang pengusiran yang akan datang sekitar tiga minggu lalu, namun meminta Moskow untuk tidak mempublikasikan langkah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)