Korea Utara: G-7 Alat untuk Pertahankan Hegemoni AS

Sabtu, 22 April 2023 - 17:31 WIB
loading...
Korea Utara: G-7 Alat untuk Pertahankan Hegemoni AS
Korut menyebut G7 adalah instrumen politik dominasi dunia Amerika Serikat (AS). Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Diplomat top Korea Utara (Korut) merespons kecaman G7 atas uji coba rudal yang dilakukan Pyongyang baru-baru ini. Korut menyebut kelompok itu adalah instrumen politik dominasi dunia Amerika Serikat (AS) dan bersumpah bahwa Pyongyang tidak akan menghentikan program senjata nuklirnya.

"G-7, kelompok tertutup dari segelintir negara egois, tidak mewakili komunitas internasional yang adil, tetapi berfungsi sebagai alat politik untuk memastikan hegemoni AS," kata Menteri Luar Negeri Korut Choe Son-hui dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh media negara Korut seperti dikutip dari RT, Sabtu (22/4/2023).

Choe membuat komentarnya tiga hari setelah negara demokrasi yang kaya, tergabung dalam Kelompok Tujuh (G-7), mengeluarkan komunike yang mengutuk peluncuran rudal terbaru Korut dan menyerukan pengabaian sepenuhnya, dapat diverifikasi, dan tidak dapat diubah dari senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Choe menuduh G-7 dengan kejam memfitnah pelaksanaan kedaulatan yang sah Korut.

Choe bersikeras bahwa senjata strategis Korut diperlukan untuk mencegah ancaman dan mengatasi lingkungan keamanan yang dibuat tidak stabil oleh tindakan militer AS dan pasukan sekutunya yang sembrono dan provokatif.



Dia menyebutnya campur tangan yang tidak masuk akal dan ilegal dalam urusan internal negara untuk G-7 yang menyatakan bahwa Korut tidak dapat menjadi negara bersenjata nuklir.

“Posisi kami sebagai negara nuklir akan tetap menjadi kenyataan yang tak terbantahkan, meskipun Amerika Serikat dan Barat tidak mengakuinya,” katanya.

“Ini adalah ide anakronistik untuk berpikir bahwa hanya Washington yang memiliki hak dan kemampuan untuk menyerang dengan nuklir,” imbuhnya.

Dikatakan oleh Choe, Pyongyang akan menanggapi dengan "penangkalan yang kuat" jika negara-negara G-7 melakukan upaya apa pun untuk melanggar kepentingan fundamentalnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1089 seconds (0.1#10.140)