Gema Takbir Kemenangan Bersama Ribuan Masyarakat Indonesia di Bangkok

Sabtu, 22 April 2023 - 14:25 WIB
loading...
Gema Takbir Kemenangan Bersama Ribuan Masyarakat Indonesia di Bangkok
Ribuan WNI berkumpul di lapangan sepakbola KBRI Bangkok untuk mengikuti sholat Idulfitri 1 Syawal 1444 H bertepatan pada hari Sabtu (22/4/2023). Foto/KBRI Bangkok
A A A
BANGKOK - Lebih dari 1.800 orang masyarakat Indonesia berkumpul di lapangan sepakbola KBRI Bangkok untuk mengikuti sholat Idulfitri 1 Syawal 1444 H bertepatan pada hari Sabtu (22/4/2023). Masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai wilayah di Thailand dengan khusuk dan khidmat menikmati alunan takbir dan tahmid yang dilantunkan sejak pagi hingga pelaksanaan Sholat Idulfitri secara bersama-sama.

Sholat Ied tahun ini dipimpin oleh Imam Dr. H. Muhammad Hosnan, L.C, M.A dan pengisi Khutbah adalah Drs. H. Engkos Kosasih, LC, M.A yang khusus datang dari Indonesia untuk melakukan kegiatan pembinaan rohani, dakwah, dan pengajaran singkat Bahasa Arab bagi masyarakat Indonesia di lingkungan Masjid As-Syafier KBRI Bangkok selama bulan suci Ramadan.

Melalui tema “Tingkatkan rasa syukur kembali menikmati Hari Kemenangan, Idulfitri, dalam situasi lebih normal” khatib menyampaikan bulan Ramadan adalah bulan pembinaan umat dalam segala dimensi, baik itu jasmani, rohani, individual atau sosial untuk menuju pribadi yang bertakwa.

"Semua ritual puasa maupun sholat malam menjadi wahana pencucian jiwa untuk kembali kepada kesucian," ujar Kosasih.



"Tatkala semua episode perjalanan Ramadan dilalui dengan sukses dan penuh kedamaian, maka saat itulah Idulfitri dijadikan wahana refleksi sifat syukur. Syukur karena melewati Ramadhan tahun ini tanpa wabah pandemi Covid 19, syukur karena suasana negeri aman dan tenteram, syukur karena ikatan sosial bangsa kembali menguat dengan budaya meminta dan memberi maaf di hari lebaran, dan syukur karena jalinan kebersamaan keluarga semakin kokoh berkat pendidikan selama Ramadan," sambungnya dalam keterangan tertulis KBRI Bangkok, Sabtu (22/4/2023).

Lebih lanjut, Khatib juga mengimbau agar energi kebaikan di bulan Ramadan tetap dipertahankan untuk memupuk ikatan keislaman, ke-Indonesiaan dan kemanusiaan dengan baik menuju sikap beragama yang ramah dan rahmah.

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP, Rachmat Budiman menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua WNI di Bangkok yang senantiasa mendukung berbagai kegiatan KBRI Bangkok. Dalam hal ini, Rachmat juga menyampaikan KBRI Bangkok akan selalu terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat Indonesia guna dapat meningkatkan mutu pelaksanaan tugas, khususnya pelayanan dan perlindungan WNI.

Kegiatan lain yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia di Thailand adalah Open House untuk bersilaturahmi dan halal bihalal. Dalam kesempatan ini, terlihat antrian masyarakat yang mengular untuk bersilaturahmi dengan Duta Besar Rachmat Budiman beserta Ibu Riet Rietanty Budiman serta para staf KBRI Bangkok. Suasana riang dan senang mewarnai kepadatan masyarakat yang hadir di KBRI Bangkok.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)