Menlu Saudi-Iran Bertukar Ucapan Selamat Idulfitri via Telepon

Jum'at, 21 April 2023 - 19:30 WIB
loading...
Menlu Saudi-Iran Bertukar Ucapan Selamat Idulfitri via Telepon
Ilustrasi
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri Arab Saudi , Pangeran Faisal bin Farhan dan mitranya dari Iran Hossein Amir Abdollahian telah bertukar ucapan selamat Idulfitri , Jumat (21/4/2023). Ini merupakan kali pertama Menlu kedua negara bertukar ucapan setelah beberapa tahun.

Seperti dilaporkan Al Arabiya, selama panggilan telepon, Pangeran Faisal juga membahas dengan Abdollahian beberapa masalah yang menjadi perhatian bersama, serta langkah selanjutnya setelah kesepakatan baru-baru ini.



Dalam kesepakatan yang ditengahi oleh China, Arab Saudi dan Iran sepakat untuk membangun kembali hubungan diplomatik pada bulan Maret.

Kerajaan dan negara-negara Teluk lainnya, termasuk UEA, memutuskan hubungan dengan Iran pada tahun 2016 menyusul serangan oleh pendukung rezim Iran terhadap kedutaan Arab Saudi di Teheran dan konsulat di Mashhad.

Di bawah kesepakatan baru, kedua negara telah berkomitmen untuk membuka kembali kedutaan dan misi mereka pada bulan Juni dan menerapkan perjanjian kerja sama keamanan dan ekonomi yang ditandatangani lebih dari 20 tahun lalu.



Arab Saudi sendiri merayakan Idulfitri pada Jumat (21/4/2023), bersama dengan sejumlah negara Arab, seperti UEA, Qatar, Kuwait, Bahrain, Yaman, Sudan, Yordania, dan Mesir.

Karyawan di sektor swasta dan nirlaba Kerajaan akan menikmati liburan berbayar selama empat hari yang akan dimulai pada akhir pekerjaan pada hari Kamis, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial telah mengumumkan.

Di UEA, libur Idul Fitri untuk pegawai federal dan swasta dimulai pada 20 April. Libur diperpanjang hingga 3 Syawal yang jatuh pada 23 April.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)