Drone Pertama Angkatan Laut AS Arungi Selat Hormuz di Tengah Ketegangan dengan Iran

Rabu, 19 April 2023 - 23:19 WIB
loading...
Drone Pertama Angkatan Laut AS Arungi Selat Hormuz di Tengah Ketegangan dengan Iran
Drone Angkatan Laut AS arungi Selat Hormuz di tengah ketegangan dengan Iran. Foto/AP
A A A
DUBAI - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengarungi kapal drone pertamanya di Selat Hormuz yang strategis pada Rabu (19/4/2023). Selat Hormuz adalah jalur air penting untuk pasokan energi global tempat para pelaut Amerika sering berhadapan dengan pasukan Iran .

Juru bicara Angkatan Laut AS, Timotius Hawkins mengatakan, perjalanan L3 Harris Arabian Fox MAST-13, speedboat 13 meter yang membawa sensor dan kamera, menarik perhatian Pengawal Revolusi Iran (IRGC), tetapi berlangsung tanpa insiden. Dua kapal Penjaga Pantai AS, USCGC Charles Moulthrope dan USCGC John Scheuerman, menemani drone itu.

Drone itu terlihat dengan aman melewati kapal-kapal yang menyertainya melalui selat, jalur air sempit yang sibuk antara Iran dan Oman dengan lebar hanya 33 kilometer. Seperlima dari semua minyak yang diperdagangkan melewati selat yang menghubungkan Teluk Persia ke Teluk Oman.

“Orang-orang Iran mengamati kapal permukaan tak berawak yang melintasi selat itu sesuai dengan hukum internasional,” kata Hawkins seperti dikutip dari The Associated Press.



Dia mengatakan sebuah drone Iran dan setidaknya satu kapal serang cepat kelas Houdong yang dioperasikan oleh paramiliter Iran Pengawal Revolusi mengamati drone MAST-13.

Hawkins menerangkan bahwa video feeds MAST-13 dapat mengirimkan gambar kembali ke pantai dan ke kapal di laut, membantu pelaut melihat kapal sebelum mendekatinya. Itu bisa berguna, terutama karena Angkatan Laut dan sekutu Barat semakin menyita senjata yang diyakini berasal dari Iran menuju Yaman.

“Ini menempatkan lebih banyak perhatian pada air, memungkinkan kami untuk memantau dengan lebih baik apa yang terjadi,” kata Hawkins.

Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Bahrain berpatroli di perairan Timur Tengah, khususnya Teluk Persia dan Selat Hormuz, untuk tetap membuka jalur perairan untuk perdagangan internasional, serta melindungi kepentingan dan sekutu Amerika.

Namun, Iran memandang kehadiran Angkatan Laut AS sebagai penghinaan, membandingkannya dengan pasukannya yang menjalankan patroli di Teluk Meksiko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)