Polisi Israel Serang Umat Kristen yang Menuju Gereja Makam Suci Yerusalem

Minggu, 16 April 2023 - 00:30 WIB
loading...
A A A
“Langkah-langkah ini melanggar hukum internasional, hukum humaniter internasional dan perjanjian yang ditandatangani,” papar otoritas Palestina.

Gereja-gereja mengatakan mereka akan menolak bekerja sama dengan pembatasan polisi Israel, yang mereka lihat sebagai bagian dari upaya lama Zionis mengusir komunitas Kristen setempat.

Beberapa pemimpin gereja telah menyuarakan keprihatinan atas apa yang mereka gambarkan sebagai lingkungan kekebalan hukum rezim Israel dalam menghadapi meningkatnya tindakan kekerasan dan vandalisme yang menargetkan umat Kristen dan properti mereka di Yerusalem.

Komite kepresidenan tertinggi untuk urusan gereja Palestina menyerukan partisipasi massal umat Kristen dalam kegiatan Saturday of Light, meskipun ada larangan Israel.

Gereja Makam Suci terletak di jantung Perempatan Kristen Kota Tua di Yerusalem Timur.

Setelah menunggu berjam-jam, upacara tersebut mencapai puncaknya ketika Patriark Ortodoks Yunani Yerusalem muncul dari makam kosong yang disegel dengan lilin yang menyala, tindakan misterius yang dianggap sebagai keajaiban Sabtu Suci tahunan sebelum Minggu Paskah Ortodoks.

Cahaya kemudian dengan cepat tersebar di antara umat beriman yang berkumpul di gereja yang gelap dan di luarnya.

Polisi Israel mengatakan mereka bekerja untuk memastikan keamanan bagi para peserta upacara Api Kudus.

“Keselamatan semua yang berpartisipasi sangat penting bagi polisi Israel. Petugas bekerja untuk membantu arus peserta yang tiba dalam kerumunan besar,” papar pernyataan Israel.

Namun demikian, Koalisi Kristen Nasional di Tanah Suci mengungkapkan kemarahan dan kesedihan yang mendalam ketika pasukan pendudukan Israel mengubah Yerusalem menjadi barak militer dan memblokir akses ke gereja dalam peningkatan penganiayaan agama yang disponsori negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)