5 Negara yang Melarang Zakir Naik Ceramah di Negaranya

Jum'at, 14 April 2023 - 18:59 WIB
loading...
5 Negara yang Melarang Zakir Naik Ceramah di Negaranya
5 negara yang melarang Zakir Naik ceramah di negaranya. Foto/Muslim Mirror
A A A
JAKARTA - Zakir Naik merupakan seorang pendakwah yang lahir pada 18 Oktober 1965 di Mumbai, India. Sebelumnya beliau merupakan seorang tenaga medis yang bekerja sebagai dokter, beliau juga menerima gelar MBBS dari Universitas Mumbai, namun pada tahun 1991 ia berhenti menjadi dokter dan berfokus dalam dakwah islam, terlebih dalam fokus ilmu perbandingan agama.

Dalam beberapa kesempatan, kalimat dan dakwahan yang disampaikan menimbulkan kontroversi hebat, hingga menjadi buronan otoritas India. Zakir Naik akhirnya kabur dari India dan menetap di Malaysia pada tahun 2016. Namun pada tahun 2019, Zakir dilarang untuk berbicara didepan publik karena menyebabkan perpecahan di Malaysia.

Selain dilarang berbicara didepan umum di Malaysia, ini dia 5 negara yang melarang Zakir Naik ceramah di negara mereka.

1. India

Negara kelahiran Zakir Naik ini melarangnya untuk berceramah, karena dianggap mengganggu kenyamanan, ketertiban umum, serta ucapannya dinilai sangat bertentangan. Islamic Research Foundation (IRF) organisasi buatan Zakir Naik juga dibekukan oleh pemerintah setempat selama 5 tahun, dilarang beroperasi.

2. Malaysia

Tempat persembunyian Zakir Naik pada tahun 2016 ini melarangnya untuk berceramah, karena kontroversinya yang mengatakan etnis China yang berada di Malaysia untuk pergi dan pulang ke negara asal mereka.

3. Inggris

Sejak 2010 bahkan Inggris sudah melarang Zakir Naik untuk berdakwah. Karena beberapa ucapannya selama berdakwah yang dianggap tidak sesuai membuat Inggris memblacklist Zakir Naik.

4. Kanada

Alasan negara Kanada melarang Zakir Naik ceramah dan berdakwah di negaranya adalah karena kurang pantas dan menimbulkan kegaduhan. Dukungan Zakir Naik terhadap Osama Bin Laden, tokoh terorisme inilah yang membuat Kanada enggan untuk menerima Zakir Naik di negaranya.

5. Bangladesh

Negara tetangga India ini juga melarang Zakir Naik ceramah di negaranya. Zakir dikecam tak lain dan tak bukan karena isi ceramahnya. Selain itu juga oleh pemerintah setempat, Peace TV, channel televisi milik Zakir Naik dilarang untuk siaran karena dianggap membuat remaja Bangladesh menjadi radikal.

Penulis: MG/Benedicto Aji Saka Pranoto
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1365 seconds (0.1#10.140)