Lebih dari 22 Juta Jemaah Kunjungi Masjidilharam dalam 20 Hari Pertama Ramadan

Jum'at, 14 April 2023 - 14:07 WIB
loading...
Lebih dari 22 Juta Jemaah Kunjungi Masjidilharam dalam 20 Hari Pertama Ramadan
Umat Islam melaksanakan salat Isya di Masjidilharam saat bulan suci Ramadan, di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 11 April 2023. Foto/SPA
A A A
RIYADH - Lebih dari 22 juta jemaah telah mengunjungi Masjidilharam di Arab Saudi selama 20 hari pertama Ramadan.

Laporan itu diungkapkan Presiden Umum Urusan Masjidilharam dan Masjid Nabawi Sheikh Dr Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais.

“Sheikh Dr Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais mengatakan pihaknya mengikuti strategi operasional yang terperinci untuk memastikan sejumlah besar jemaah dan peziarah dapat mengunjungi situs tersebut dan melakukan ritual mereka dengan mudah,” ungkap laporan kantor berita negara SPA.

Ramadan, yang dimulai pada 23 Maret, melihat gelombang besar jemaah umrah dan umat Islam ke tempat-tempat suci di Arab Saudi.



Rencana terperinci yang bertujuan memfasilitasi pengalaman jemaah selama hari-hari terakhir Ramadan dan untuk memastikan layanan berkualitas tinggi mulai berlaku pada Selasa (11/4/2023).

Rencananya termasuk mencuci Masjidilharam 10 kali sehari oleh lebih dari 4.000 pekerja. Lebih dari 70 tim juga akan beroperasi sepanjang waktu untuk membersihkan seluruh area masjid.

“Teknologi kecerdasan buatan juga akan digunakan untuk melakukan operasi disinfeksi di Masjidilharam,” papar Haidar.

Dia menambahkan 11 robot akan melakukan tugas ini hingga delapan jam tanpa campur tangan manusia.

Rencananya juga menyediakan sekitar 8.000 kendaraan, termasuk 3.000 unit yang bertenaga listrik, untuk mengangkut jemaah dari tempat parkir ke tempat ibadah. Jemaah dapat memesan terlebih dahulu melalui aplikasi Tanaqol.

Lebih dari 160 anggota staf akan dikerahkan di pintu Masjidilharam untuk memfasilitasi pintu masuk dan keluar jemaah dan untuk membantu pertanyaan apa pun.

Mengenai pemeliharaan, Kepresidenan telah menyediakan lebih dari 90 insinyur dan teknisi di Masjidilharam dan halamannya di mana terdapat lebih dari 200 eskalator listrik dan 14 lift.

Kepresidenan mendesak jemaah dan pelaku umrah untuk mematuhi semua instruksi di Masjidilharam dan mencatat bahwa kerja sama dengan petugas keamanan diperlukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)