Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran, Dua Negara yang Tengah Berseteru

Jum'at, 14 April 2023 - 12:41 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran, Dua Negara yang Tengah Berseteru
Anggota Angkatan Darat Iran berbaris selama parade menandai peringatan dimulainya perang Iran-Irak, yang berlangsung dari tahun 1980 hingga 1988, di Teheran, Iran 22 September 2015. Foto/REUTERS/Raheb Homavandi/TIMA
A A A
TEL AVIV - Israel dan Iran belakangan memang tengah terlibat konflik saling serang yang disebabkan oleh berbagai hal. Pada awal Januari 2023 ini saja Tel Aviv telah memulai serangan drone ke fasilitas amunisi Iran.

Perseteruan kedua negara diperpanas dengan serangan Israel ke Masjidil Al Aqsa pada awal April. Protes keras dilakukan oleh Iran yang mulai menyerukan pada PBB untuk mengambil tindakan melawan kejahatan perang ini menurut laporan Anadolu.

Selain seruan diplomatik, Iran juga menyiapkan strategi untuk menggempur Israel dengan serangan-serangan dari berbagai front.

Panasnya konflik kedua negara ini membuat banyak orang penasaran akan perbandingan kekuatan antara militer Israel dan Iran.

Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Iran


Perbandingan kekuatan militer antara Israel dan Iran ini dibuat berdasar hasil survei dari Global Firepower tahun 2023. Berikut perbandingan antar kedua negara.

Secara peringkat, Iran sedikit lebih unggul dengan bercongkol di urutan 17, sedangkan Israel berada tepat di bawahnya, posisi 18 dari 145 negara.

Jumlah Tentara dan Finansial Pertahanan Israel dan Iran


Dari populasinya sendiri, Iran memiliki jumlah penduduk yang lebih banyak yaitu sekitar 86,7 juta jiwa ketimbang Israel yang hanya punya 8,9 juta jiwa.

Membuat Iran memiliki pasukan perang yang jauh lebih banyak. Teheran tercatat memiliki total pasukan 48.584.650 personil sedangkan untuk Israel hanya ada 3.744.252 personil.

Meski kalah dari segi jumlah pasukan, Israel justru punya pengeluaran yang lebih banyak untuk urusan pertahanan dengan total USD24 miliar, sementara Iran hanya menggelontorkan dana USD5,5 miliar saja.

Angkatan Udara Israel dan Iran


Punya dana lebih banyak untuk militer buat Israel memiliki armada udara yang lebih banyak dengan total 241 pesawat tempur, sementara Iran hanya memiliki 196 unit pesawat tempur saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)