Finlandia Turut Serta dalam Perencanaan Nuklir NATO

Kamis, 13 April 2023 - 23:30 WIB
loading...
Finlandia Turut Serta dalam Perencanaan Nuklir NATO
Ilustrasi
A A A
HELSINKI - Anggota baru NATO , Finlandia, akan berpartisipasi dalam operasi perencanaan dan dukungan nuklir aliansi militer Barat. Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Finlandia pada Kamis (13/4/2023).

Meski demikian, Finlandia telah memutuskan untuk tidak mengizinkan senjata nuklir apa pun di wilayahnya. Dalam perubahan kebijakan keamanan bersejarah setelah puluhan tahun non-blok militer, Finlandia menjadi anggota ke-31 NATO pada 4 April, menanggapi invasi negara tetangga Rusia ke Ukraina.



Saat bergabung, pemerintah Finlandia memutuskan Finlandia tidak akan mengizinkan penempatan senjata nuklir di wilayahnya, tetapi tidak menetapkan batasan lain untuk keanggotaan negara Nordik tersebut.

“Dalam praktiknya, Finlandia akan mengambil bagian dalam pekerjaan kelompok perencanaan nuklir NATO, yang meninjau dan menetapkan kebijakan nuklir aliansi, dan dapat bergabung dengan fungsi dukungan untuk operasi nuklir NATO di luar wilayahnya sendiri,” kata Direktur Jenderal Kebijakan Pertahanan Janne Kuusela kepada Reuters.

“Senjata nuklir memiliki peran yang sangat sentral dalam penangkalan dan pertahanan yang dibangun oleh NATO. Kami, juga, akan menikmati perlindungan dari mereka dan oleh karena itu merupakan hal positif bagi Finlandia untuk berpartisipasi penuh dengan cara yang berbeda dan tidak menutup diri,” lanjut Kuusela.



Di antara anggota NATO, hanya Prancis yang memilih keluar dari berpartisipasi dalam kelompok perencanaan nuklir, memilih untuk mencadangkan pengambilan keputusan seputar senjata nuklirnya sendiri.

“Kegiatan ini dipimpin oleh kekuatan nuklir,” kata Kuusela, merujuk pada Amerika Serikat dan Inggris, yang keduanya memiliki persenjataan nuklir sendiri dan memimpin pekerjaan kelompok perencanaan nuklir NATO.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)