China Kirim 3 Kapal Perang Kepung Taiwan untuk Hari Kedua

Jum'at, 07 April 2023 - 23:13 WIB
loading...
China Kirim 3 Kapal Perang Kepung Taiwan untuk Hari Kedua
China mengirim tiga kapal perang dan beberapa pesawat militer mengelilingi Taiwan untuk hari kedua. Foto/Lin Jian/Xinhua
A A A
TAIPEI - China mengirimtigakapal perang dan beberapa pesawat militer mengepung Taiwan untuk hari kedua pada Jumat (7/4/2023). Sebelumnya, pada Kamis, Beijing juga mengirim tiga kapal perang ke dekat pulau tersebut.

Manuver itu terjadi setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy di California, tindakan yang membuat Beijing marah.

Kementerian Pertahanan di Taipei mengatakan tiga kapal perang China berlayar di perairan yang mengelilingi Taiwan. Sementara sebuah jet tempur dan helikopter anti-kapal selam juga melintasi zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) pulau yang memerintah sendiri tersebut.



Presiden Tsai kembali ke Taipei pada hari Jumat setelah mengunjungi kelompok sekutu diplomatik resmi Taiwan yang semakin menipis di Amerika Latin, dengan dua persinggahan di AS termasuk pertemuan dengan McCarthy dan anggota Parlemen Amerika lainnya.

"Kami membiarkan masyarakat internasional melihat bahwa Taiwan lebih bersatu saat menghadapi tekanan dan ancaman," kata Tsai kepada wartawan, menggambarkan perjalanannya sukses.

"Kami tidak akan pernah menyerah pada penindasan dan kami tidak akan berhenti berinteraksi dengan dunia karena halangan apa pun," ujarnya, seperti dikutip AFP.

Beberapa jam sebelum pertemuannya dengan McCarthy diCaliforniapada hari Rabu, China mengirim kapal induk Shandong melintasi perairan tenggara Taiwan menuju Pasifik barat.

Beijing mengatakan Jumat pagi bahwa Taiwan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari China. Sebelumnya, Beijing berulang kali memperingatkan AS dan Taiwan terkait pertemuan Tsai-McCarthy.

"Kedaulatan dan integritas teritorial China tidak akan pernah terbagi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning pada konferensi pers reguler.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)