Seteru Memanas, AS dan China Saling Kerahkan Kapal Induk ke Dekat Taiwan

Kamis, 06 April 2023 - 20:43 WIB
loading...
A A A
Kementerian Pertahanan China mengatakan, "PLA mempertahankan tingkat kewaspadaan yang tinggi setiap saat, dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas wilayah, dan dengan tegas menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan."

Chiu mengatakan kapal induk Shandong terdeteksi sekitar 200 mil laut (370,4 km) dari Olanpi di Taiwan selatan dan saat ini sedang dalam "misi pelatihan".

“Karena kepekaan [masalah] saat ini, kami masih mempelajari motif Komunis China, dan ada beberapa kemungkinan yang telah kami lakukan tindakan pencegahan untuk persiapan. Tetapi tidak nyaman bagi kami untuk memberikan lebih detail," katanya.

“Mengenai isi misi Shandong, itu harus mencakup lepas landas dan pendaratan pesawat perang, tetapi sejauh ini kami belum mendeteksi situasi seperti itu. Kami akan terus memantau pergerakannya," ujarnya.

Chiu mengatakan PLA telah mengintensifkan operasi militer di sekitar pulau itu sejak kunjungan Pelosi ke pulau itu pada Agustus lalu.

“Selama cuaca memungkinkan, itu akan mengirim 10 hingga 20 sorti pesawat tempur untuk misi di dekat Taiwan setiap hari, terkadang terbang di sepanjang garis median di Selat Taiwan, terkadang melintasinya dan terkadang di ujung utara atau barat daya zona identifikasi pertahanan udara kami," papar Chiu.

Skala latihan PLA yang mengelilingi pulau itu pada Agustus lalu sebagai tanggapan atas perjalanan Pelosi belum pernah terjadi sebelumnya, melibatkan lebih dari 10 kapal perang dan ratusan pesawat. Rudal balistik juga ditembakkan di beberapa lokasi di sekitar Taiwan.

Pernyataan resmi sebagai tanggapan atas pertemuan Tsai dengan McCarthy juga dikeluarkan pada hari Kamis oleh badan legislatif tertinggi China, Kongres Rakyat Nasional (NPC), kementerian pertahanan, dan Kantor Urusan Taiwan China.

Mengutip Undang-Undang Anti-Pemisahan, NPC mengatakan setiap upaya untuk merusak reunifikasi ibu pertiwi pada akhirnya akan dihukum oleh hukum.

Kantor Urusan Taiwan China mengatakan upaya oleh pasukan kemerdekaan Taiwan akan hancur berkeping-keping.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)