Seteru Memanas, AS dan China Saling Kerahkan Kapal Induk ke Dekat Taiwan

Kamis, 06 April 2023 - 20:43 WIB
loading...
A A A
Analis militer mengatakan latihan militer pertama kapal induk Shandong di Pasifik Barat ditujukan untuk meningkatkan kemampuan tempur.

“Latihan kapal induk Shandong di Pasifik Barat sesuai rencana karena tidak bisa hanya melakukan latihan di dekat perairan pantai,” kata mantan instruktur PLA, Song Zhongping.

“Itu normal, dan di masa depan tidak dapat dikesampingkan bahwa Shandong akan bergabung dengan kapal induk Liaoning di Pasifik Barat untuk latihan membangun pasukan tempur gabungan,” ujarnya.

“Penting juga untuk mencegah kapal dan pesawat di Taiwan terbang dan berlayar ke negara dan wilayah lain. Oleh karena itu, penyebaran kapal induk di dekat Taiwan memiliki latar belakang taktis yang kuat dari nilai tempur, dan juga merupakan tanggapan atas pertemuan McCarthy dengan pemimpin Taiwan."

Li Jie, seorang spesialis militer yang berbasis di Beijing, mengatakan kapal induk dapat memiliki peran untuk merebut supremasi udara dan memblokade setiap kemungkinan aksi militer terhadap pulau itu.

“Itu bisa menyerang dan memblokade target Taiwan, mencegah target itu lari ke selatan pulau. Itu juga bisa menolak campur tangan AS, serta mencegah dukungan untuk pulau itu seperti pangkalan militer di Filipina,” kata Li.

Pengerahan kapal induk Shandong mengikuti pengumuman Administrasi Keselamatan Maritim Fujian pada hari Rabu bahwa operasi pelayaran dan patroli bersama sedang berlangsung di bagian utara dan tengah Selat Taiwan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)