WHO Ungkap Data Kemandulan di Dunia yang Sangat Mengejutkan

Kamis, 06 April 2023 - 08:30 WIB
loading...
A A A
Studi tersebut tidak mencantumkan faktor umum apa pun di balik angka satu dari enam. Namun, baik untuk wanita maupun pria, merokok, konsumsi alkohol, dan obesitas semuanya dikaitkan dengan penurunan kesuburan.

Usia juga berperan, dengan wanita menjadi kurang subur sejak pertengahan 30-an dan seterusnya, dan kesuburan pria turun dari sekitar 40 tahun.

Laporan tersebut juga tidak mengidentifikasi apakah tingkat infertilitas meningkat atau menurun dalam periode waktu yang diteliti.

Namun, satu studi penting yang diterbitkan November lalu menemukan jumlah sperma pria telah turun 62% dalam 50 tahun terakhir.

Jumlah sperma rata-rata turun dari 104 menjadi 49 juta per mililiter, tepat di atas ambang batas 40, di bawahnya kemungkinan infertilitas.

Seperti laporan WHO, studi jumlah sperma menemukan hasil serupa di berbagai wilayah.

Meskipun menolak berspekulasi tentang apa yang menyebabkan penurunan tersebut, penelitian lain telah mengidentifikasi paparan plastik dan bahan kimia tertentu sebagai penyebabnya, di samping faktor diet dan gaya hidup yang sama yang menyebabkan kemandulan pada kedua jenis kelamin.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)