Pemimpin Tertinggi Iran: AS Ambil Manfaat dari Konflik Ukraina saat Eropa Tanggung Rugi

Kamis, 06 April 2023 - 07:06 WIB
loading...
Pemimpin Tertinggi Iran: AS Ambil Manfaat dari Konflik Ukraina saat Eropa Tanggung Rugi
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Uni Eropa (UE) nyaris menghindari resesi di seluruh blok pada akhir 2022 setelah keputusan politis anggota melepaskan diri dari energi Rusia sebagai tanggapan atas eskalasi krisis di Ukraina.

Moskow memperkirakan kerugian nyata jangka panjang ke Eropa, hilangnya keunggulan kompetitif kawasan terhadap Amerika Serikat (AS) dan China, yang akan datang kemudian.

Amerika Serikat bertanggung jawab atas krisis Ukraina dan mendapat manfaat darinya sementara negara-negara Eropa dipaksa menanggung akibatnya, menurut Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

“AS memulai perang di Ukraina. Namun, perang ini telah menyebabkan AS menjauh dari sekutu Eropanya, yang sebenarnya adalah orang-orang yang menanggung beban perang, sementara AS menuai keuntungan darinya,” ujar Khamenei saat pidato selama pertemuan dengan pejabat senior pada Selasa (4/4/2023).



“Di tingkat global, krisis Ukraina berfungsi untuk menyoroti posisi AS yang melemah,” ungkap Khamenei, menunjuk pada kegagalan Washington membuat negara-negara Amerika Latin tunduk, kegagalan untuk menciptakan “front persatuan Arab melawan Iran,” dan kegagalan menekan Republik Islam tunduk melalui sanksi.

Di dalam negeri juga, AS menghadapi krisis politik yang berputar, dengan setiap pemerintahan berturut-turut menjadi lebih lemah dari yang terakhir, menurut pemimpin Iran itu.

“AS adalah salah satu musuh terpenting Iran di dunia. Fakta menunjukkan bahwa Amerika lebih lemah di bawah pemerintahan Obama dibandingkan dengan pemerintahan Bush. AS lebih lemah di bawah pemerintahan Trump daripada di bawah pemerintahan Obama. AS lebih lemah di bawah pemerintahan orang ini (Biden) daripada di bawah pemerintahan Trump,” papar Khamenei.

“Mengapa kami mengatakan Amerika lemah? Pertama-tama, bipolaritas muncul di Amerika Serikat selama pemilu dua-tiga tahun lalu. Polarisasi ini masih tetap kuat; ini adalah kelemahan dan sangat penting,” ungkap dia.

Komentar Selasa adalah yang kedua kalinya dalam dua pekan Khamenei mengangkat krisis Ukraina dalam sambutan publiknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)