Sekjen PBB Terkejut dengan Kekejaman Pasukan Israel di Masjid Al-Aqsa

Kamis, 06 April 2023 - 05:13 WIB
loading...
Sekjen PBB Terkejut dengan Kekejaman Pasukan Israel di Masjid Al-Aqsa
Sekjen PBB terkejut dengan kekejaman pasukan Israel di Masjid al-Aqsa. Foto/Daily Sabah
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres "terkejut" dengankekejaman yang dilakukan pasukan Israel terhadap jamaah di kompleks Masjid al-Aqsa. Hal itu diungkapkan juru bicaranya Stephane Dujarric.

Menurut Dujarric, Guterres terkejut dan merasa ngeri dengan gambar-gambar yang dilihatnya tentang kekejamandan pemukulan oleh pasukan keamanan Israel di dalam Masjid al-Qibli di Yerusalem pada waktu kalender yang suci bagi orang Yahudi, Kristen, dan Muslim.

"Ini harus menjadi waktu untuk perdamaian dan tanpa kekerasan," serunya seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (6/4/2023).



Dujarric kembali menegaskan pernyataan dari Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah Tor Wennesland yang mendesak para pemimpin politik, agama dan masyarakat di semua pihak untuk menolak hasutan, retorika yang menghasut, dan tindakan provokatif.

Wennesland mengatakan para pemimpin harus bertindak secara bertanggung jawab dan menahan diri dari langkah-langkah yang dapat meningkatkan ketegangan.

Dia menyatakan PBB melakukan kontak dekat dengan semua pihak terkait untuk meredakan situasi.



Ketegangan meningkat di Tepi Barat yang diduduki pada Rabu waktu setempat setelah polisi Israel menahan sekitar 350 jamaah dari dalam kompleks Masjid al-Aqsa.

Sekelompok orang Palestina membarikade diri mereka sendiri di dalam ruang sholat di kompleks tersebut setelah pemukim Yahudi menyerukan penyerbuan ke masjid. Mereka berusaha mencegah polisi masuk dengan menutup pintunya.

Mengelilingi Aula Doa al-Qibli, polisi Israel naik ke atap masjid, menghancurkan jendela dan awalnya menggunakan bom suara terhadap jamaah di dalamnya. Beberapa orang di masjid mencoba melawan polisi dengan melemparkan kembang api.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)