Adik Perempuan Kim Jong-un Tuduh Ukraina Simpan Ambisi Nuklir

Minggu, 02 April 2023 - 17:05 WIB
loading...
Adik Perempuan Kim Jong-un Tuduh Ukraina Simpan Ambisi Nuklir
Adik Perempuan Kim Jong-un Tuduh Ukraina Simpan Ambisi Nuklir. FOTO: Reuters
A A A
PYONGYANG - Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara , Kim Jong-un, menuduh Ukraina menyerukan perang senjata nuklir. Media pemerintah Korut, KCNA melaporkan pada Sabtu (1/4/2023).

Ia mendasarkan pernyataannya pada petisi online di negara itu yang sejauh ini telah menarik kurang dari 1.000 tanda tangan. Kim mengatakan, petisi semacam ini bisa menjadi plot politik oleh kantor Presiden Volodymyr Zelenskyy, tetapi tidak memberikan bukti apa pun untuk pernyataan tersebut.



Menyusul pengumuman Presiden Rusia Vladimir Putin pekan lalu bahwa Moskow berencana untuk menempatkan senjata nuklir taktis di Belarusia, sebuah petisi publik diajukan ke situs web kantor kepresidenan Ukraina pada hari Kamis.

Petisi itu menyerukan agar Ukraina menjadi tuan rumah senjata nuklir di wilayah Ukraina, atau agar wilayah itu dipersenjatai. dengan senjata nuklirnya sendiri.



Pada Sabtu sore, petisi tersebut hanya memperoleh 611 tanda tangan, jauh dari 25.000 tanda tangan yang dibutuhkan Zelenskyy. Sejauh ini pejabat Kyiv belum mengomentari petisi tersebut.

Korea Utara menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Kremlin di tengah isolasi bersama oleh Barat dan mendukung posisi Moskow setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu, termasuk pencaplokan bagian Ukraina yang kemudian diproklamirkan yang oleh sebagian besar anggota PBB dikutuk sebagai ilegal. Ia membantah memberikan senjata ke Moskow.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)