AS Pertahankan Kapal Induk di Mediterania untuk Opsi Militer Lebih Banyak

Minggu, 02 April 2023 - 04:01 WIB
loading...
AS Pertahankan Kapal Induk di Mediterania untuk Opsi Militer Lebih Banyak
George HW Bush Carrier Strike Group, termasuk USS Leyte Gulf, USS Delbert D Black, dan USNS Arktik tetap berada di Mediterania. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pentagon memutuskan memperpanjang penempatan gugus tempur kapal induk di Mediterania untuk memberi Amerika Serikat (AS) lebih banyak "opsi" militer di wilayah tersebut.

Langkah tersebut menyusul serangan baru-baru ini terhadap pangkalan AS di Suriah, yang menewaskan seorang kontraktor militer dan menyebabkan beberapa tentara mengalami cedera otak.

Komando Pusat AS (CENTCOM), yang mengawasi operasi militer di Timur Tengah, mengumumkan perpanjangan misi pada Jumat (31/3/2023), dengan mengatakan kelompok penyerang kapal induk George HW Bush tidak akan kembali ke AS sesuai jadwal.

“Perpanjangan dari George HW Bush Carrier Strike Group, termasuk USS Leyte Gulf, USS Delbert D Black, dan USNS Arktik, memungkinkan opsi untuk berpotensi meningkatkan kemampuan CENTCOM untuk menanggapi berbagai kemungkinan di Timur Tengah,” ungkap juru bicara CENTCOM Kolonel Joe Buccino.



Dia menambahkan, satu skuadron pesawat serang A-10 juga akan dikirim ke Timur Tengah untuk “penyebaran yang dipercepat”, tetapi tidak menyebutkan negara tertentu.

Angkatan Laut AS melaporkan kunjungan pelabuhan oleh kelompok armada penyerbu ke Teluk Souda, Kreta pada 10 Maret.

Perhentian itu terjadi hanya beberapa hari setelah latihan "kewaspadaan" Serangan Neptunus berakhir di Mediterania, yang melibatkan 31 kapal, 135 pesawat, dan lebih dari 8.000 pelaut dan marinir dari 21 negara, termasuk kapal induk dan kapal pendukungnya.

Penyebaran yang diperpanjang terjadi setelah dua serangan pesawat tak berawak di pos-pos militer Amerika di Suriah, yang Washington tuduhkan pada kelompok-kelompok militan yang “didukung Iran”.

Selain satu kontraktor tewas, 13 personel AS lainnya terluka dalam serangan itu, termasuk enam tentara yang menderita "cedera otak traumatis", menurut Pentagon.

Serangan itu memicu serangan udara AS yang diduga menewaskan delapan "militan", meskipun juru bicara militer Patrick Ryder tidak dapat menentukan kelompok apa yang menjadi sasaran selama konferensi pers awal pekan ini.

Teheran, pada bagiannya, telah membantah keterlibatan dalam serangan pesawat tak berawak, dengan Keyvan Khosravi, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, memperingatkan Iran akan menanggapi setiap serangan di pangkalannya di Suriah.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)