Tsai Ing Wen Sebut Hubungan AS-Taiwan Lebih Dekat dari Sebelumnya

Jum'at, 31 Maret 2023 - 09:49 WIB
loading...
Tsai Ing Wen Sebut Hubungan AS-Taiwan Lebih Dekat dari Sebelumnya
Presiden Taiwan Tsai Ing Wen transit di New York sebelum melanjutkan perjalanan ke Amerika Tengah. Foto/Al Jazeera
A A A
NEW YORK - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memuji hubungan pulau itu dengan Amerika Serikat (AS) selama persinggahan dalam perjalanannya ke Amerika Tengah, sebuah "transit" yang telah dikutuk oleh Beijing.

Selama pidato tertutup di New York pada Rabu malam waktu setempat, Tsai mengatakan hubungan antara Washington dan Taipei lebih dekat dari sebelumnya dan disebut-sebut sebagai kemajuan signifikan dalam kerja sama ekonomi dan keamanan, menurut pernyataan dari kantornya.

Dia memuji Taiwan sebagai suar demokrasi di Asia dan mengatakan pulau itu tidak akan diisolasi meskipun menghadapi tantangan besar.

“Kami telah menunjukkan kemauan yang kuat dan tekad untuk membela diri, bahwa kami mampu mengelola risiko dengan tenang dan tenang dan bahwa kami memiliki kemampuan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan,” kata Tsai seperti dikutip dari Al Jazeera, Jumat (31/3/2023).

Di antara hadirin pada acara tersebut adalah Gubernur New Jersey Phil Murphy dan Laura Rosenberger, ketua Institut Amerika di Taiwan (AIT), yang mengoperasikan kedutaan besar AS di Taiwan secara de facto.

Tsai juga akan berbicara di acara think tank Hudson Institute pada hari Kamis waktu setempat, kata sumber kepada kantor berita Reuters, tetapi semua acara akan ditutup untuk pers dan publik.

Persinggahan terjadi saat Tsai melakukan perjalanan ke Amerika Tengah, di mana dia akan berusaha untuk menopang dukungan di Guatemala dan Belize, bagian dari kelompok negara yang semakin menyusut yang mengakui kedaulatan Taipei dari Beijing.



Dia juga dijadwalkan melewati Los Angeles, California, dalam perjalanan pulang minggu depan, di mana dia dikabarkan akan bertemu dengan Ketua DPR AS Kevin McCarthy.

Perjalanan Tsai dilakukan beberapa hari setelah Honduras menjalin hubungan dengan Beijing dan mengakhiri pengakuannya atas Taiwan, meninggalkan pulau itu dengan hanya 13 sekutu yang mempertahankan hubungan diplomatik formal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)