Taiwan-China Didesak Lakukan Segala Kemungkinan untuk Hindari Perang

Jum'at, 31 Maret 2023 - 03:30 WIB
loading...
Taiwan-China Didesak Lakukan Segala Kemungkinan untuk Hindari Perang
Taiwan-China Didesak Lakukan Segala Kemungkinan untuk Hindari Perang. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Taiwan dan China harus melakukan segala yang mungkin untuk menghindari perang dan merupakan tanggung jawab para pemimpin kedua belah pihak untuk memastikan perdamaian. Hal itu diungkapkan mantan Presiden Taiwan, Ma Ying-jeou kepada seorang pejabat senior China, Kamis (30/3/2023).

Seperti dilaporkan Reuters, Ma tiba di China pada awal pekan ini. Kunjungan ini merupakan lawatan pertama seorang mantan atau presiden Taiwan yang menjabat ke China daratan sejak pemerintah Republik China yang kalah melarikan diri ke Taiwan pada tahun 1949 pasca kalah dalam perang saudara dengan komunis Mao Zedong.



Bertemu dengan Song Tao, kepala Kantor Urusan Taiwan China, di kota Wuhan di China tengah, Ma mengatakan menjaga pembangunan hubungan yang damai dan stabil adalah "pandangan arus utama umum masyarakat Taiwan".

“Ini adalah tanggung jawab bersama dari "prinsipal" di kedua sisi Selat Taiwan untuk mengusahakan semua peluang yang kondusif untuk meningkatkan perdamaian,” kata Ma, menurut transkrip komentarnya yang diberikan oleh kantor Ma di Taipei.

"Kedua belah pihak harus menjaga pertukaran, bekerja sama bersama, dan melakukan segala kemungkinan untuk menghindari perang dan konflik," lanjutnya.

Kantor berita resmi China Xinhua mengutip Song mengatakan kepada Ma, bahwa orang-orang di China dan Taiwan harus "dengan tegas menentang kegiatan separatis kemerdekaan Taiwan dan campur tangan dari kekuatan eksternal, dan bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan".



Ma mengunjungi China pada saat ketegangan meningkat antara Taipei dan Beijing, karena China meningkatkan tekanan militer dan diplomatik untuk mencoba dan memaksa pulau yang diperintah secara demokratis itu menerima kedaulatan China.

Ma, yang menjabat dari 2008 hingga 2016, bertemu Presiden China Xi Jinping di Singapura pada akhir 2015, tak lama sebelum Presiden Taiwan saat ini Tsai Ing-wen terpilih.

Dia tidak dijadwalkan untuk bertemu Xi dalam perjalanan ini, tetapi kantor Ma mengatakan dia terbuka untuk pertemuan apa pun yang diadakan China.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)