Erdogan: Putin Mungkin Akan Kunjungi Turki untuk Resmikan Reaktor Nuklir

Jum'at, 31 Maret 2023 - 05:00 WIB
loading...
Erdogan: Putin Mungkin Akan Kunjungi Turki untuk Resmikan Reaktor Nuklir
Erdogan: Putin Mungkin Akan Kunjungi Turki untuk Resmikan Reaktor Nuklir. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Presiden Turki, Tayyip Erdogan , mengatakan kalau Presiden Rusia, Vladimir Putin , dapat mengunjungi Turki pada tanggal 27 April untuk peresmian reaktor tenaga nuklir pertama di Turki. Reaktor itu dibangun oleh perusahaan energi nuklir negara Rusia, Rosatom.

"Ada kemungkinan bahwa Tuan Putin akan datang pada 27 April, atau kami dapat terhubung ke upacara peresmian secara online dan kami akan mengambil langkah pertama di Akkuyu," kata Erdogan dalam komentar yang disiarkan televisi di penyiar swasta, ATV.



Menurut Erdogan, Turki akan memuat bahan bakar nuklir pertama ke unit tenaga pertama pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu dan secara resmi memberikannya status fasilitas nuklir pada 27 April. Kremlin sendiri telah membantah laporan yang menyebut Putin berencana mengunjungi Turki.

Sebelumnya, Kremlin mengatakan, bahwa Putin dan Erdogan membahas selama panggilan telepon keberhasilan implementasi proyek strategis bersama di sektor energi, termasuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu.



Proyek senilai USD$20 miliar, 4.800 megawatt (MW) untuk membangun empat reaktor di kota Akkuyu di Mediterania akan memungkinkan Turki bergabung dengan klub kecil negara-negara dengan energi nuklir sipil. Turki sebelumnya mengumumkan rencana untuk meluncurkan reaktor pertama di Akkuyu pada 2023.

Awal bulan ini, Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Putin atas dugaan kejahatan perang di Ukraina, yang memicu kemarahan dari Kremlin. Tapi, Turki bukanlah pihak dalam Statuta Roma, yang menciptakan ICC.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)