Israel Pertimbangkan Beri Izin Warga Gaza Gunakan Bandara Ramon di Gurun Negev

Jum'at, 31 Maret 2023 - 02:30 WIB
loading...
Israel Pertimbangkan Beri Izin Warga Gaza Gunakan Bandara Ramon di Gurun Negev
Israel Pertimbangkan Beri Izin Warga Gaza Gunakan Bandara Ramon di Gurun Negev. FOTO/Reuters
A A A
RAMALLAH - Israel sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan 2 juta penduduk Jalur Gaza menggunakan Bandara Ramon di gurun Negev. Bandara ini akan dibuka secara resmi untuk warga Palestina dari Tepi Barat mulai Sabtu (1/4/2023).

Sumber-sumber Israel mengatakan kepada Arab News, bahwa Amerika Serikat (AS) menekan Israel selama KTT Sharm El-Sheikh agar mengizinkan warga Palestina menggunakan bandara tersebut, yang terletak di dekat kota resor Eilat di Laut Merah.



Penerbangan dua kali seminggu dari bandara pada hari Senin dan Kamis akan beroperasi ke tujuan di Turki dan akan dibatasi untuk keluarga Tepi Barat. Pria di atas 40 tahun yang memegang paspor Palestina akan diizinkan melewati bandara.

Jika disetujui, maka itu akan menjadi keuntungan yang signifikan bagi warga Gaza yang saat ini harus melintasi perbatasan darat Rafah dan berkendara selama empat jam melalui gurun Sinai ke bandara Kairo, satu-satunya penghubung mereka dengan dunia luar.

Permintaan resmi telah diajukan ke badan keamanan Israel, Shin Bet untuk memungkinkan warga Gaza melewati Ramon. Sumber senior Israel yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Arab News, bahwa Shin Bet hampir pasti akan setuju.



Israel sendiri diketahui membom dan menghancurkan Bandara Internasional Gaza pada Desember 2001. Seorang politisi Palestina dari Gaza, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan kepada Arab News bahwa warga “membutuhkan solusi” untuk masalah perjalanan.

“Menurut perjanjian Oslo, warga Palestina harus dapat melakukan perjalanan melalui bandara Israel mana pun dan penyeberangan yang mereka inginkan,” katanya.

Sementara itu, Jamal Zaqout, seorang analis politik dari Gaza, mengatakan kepada Arab News, bahwa “waktunya telah tiba untuk mencabut blokade sepenuhnya di Jalur Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)