Reporter AS Ditangkap, Ini Kata Kremlin

Kamis, 30 Maret 2023 - 21:17 WIB
loading...
Reporter AS Ditangkap, Ini Kata Kremlin
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengklaim koresponden Wall Street Journal (WSJ) Evan Gershkovich tertangkap basah mencoba mendapatkan rahasia negara Rusia. Foto/New York Times
A A A
MOSKOW - Koresponden Wall Street Journal (WSJ) Evan Gershkovich tertangkap basah mencoba mendapatkan rahasia negara Rusia . Demikian klaim Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Wartawan Wall Street Journal (WSJ) Evan Gershkovich ditahan oleh Dinas Keamanan Federal (FSB), penerus KGB, di kota Ekaterinburg pada Kamis (30/3/2023.

Berbicara kepada wartawan melalui panggilan konferensi, Peskov diminta untuk mengomentari penangkapan warga Amerika dan apakah Rusia akan bekerja sama dengan dinas keamanan Amerika Serikat (AS) dalam masalah ini. Juru bicara tersebut menyatakan bahwa dia tidak mengetahui detail lengkap kasus tersebut dan masalah tersebut tetap berada di tangan FSB.

Namun, Peskov mengklaim bahwa sejauh yang dia ketahui, Gershkovich telah tertangkap basah mencoba mengumpulkan data intelijen tentang fasilitas pertahanan, yang melanggar undang-undang Rusia tentang rahasia negara.



Koresponden, yang meliput berita dari Rusia, Ukraina, dan bekas Uni Soviet, dapat menghadapi hukuman antara 10 dan 20 tahun penjara jika dituduh melakukan spionase.

Meskipun Gershkovich telah memperoleh kredensial jurnalistik yang diperlukan dari Kementerian Luar Negeri untuk bekerja di Rusia, FSB menuduh bahwa dia bertindak untuk kepentingan pemerintah AS ketika dia ditangkap selama upaya untuk menerima informasi intelijen rahasia.

Ditanya apakah insiden itu dapat memicu tanggapan dari otoritas AS terkait jurnalis Rusia yang bekerja di Amerika, Peskov mengatakan bahwa Moskow berharap tidak ada pembalasan seperti itu.

“Kami tidak berbicara tentang tuduhan di sini. Dia tertangkap basah,” cetusnya seperti dikutip dari RT.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)