Gembiranya Warga Gaza Menyambut Ramadan di Bawah Bayang-bayang Perang

Sabtu, 25 Maret 2023 - 19:33 WIB
loading...
Gembiranya Warga Gaza Menyambut Ramadan di Bawah Bayang-bayang Perang
Warga Jalur Gaza, Palestina, berbelanja dekorasi menyambut bulan Ramadan di bawah bayang-bayang perang. Foto/The New Arab
A A A
JALUR GAZA - Untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama, daerah kantong pantai Palestina yang terkepung dihiasi dengan lampu warna-warni dan lentera besar untuk menyambut bulan suci Ramadan, yang dimulai pada Kamis lalu.

Jalan-jalan dan pasar, serta mal-mal besar, penuh sesak di Jalur Gaza dengan penduduk setempat yang berbondong-bondong untuk membeli makanan, dekorasi, lentera, dan manisan untuk mempersiapkan sahur dan buka puasa.

Siapa pun yang berjalan di jalan dapat melihat kebahagiaan di wajah penduduk setempat yang bertukar ucapan selamat atas Ramadan, sementara anak-anak bergegas menuju bulan sabit besar berwarna untuk mengambil foto di depan mereka.

Seorang wanita lokal yang berbasis di Gaza, Reem al-Naji mengatakan, selama bertahun-tahun, penduduk di daerah kantong pesisir pantai yang miskin dan dilanda perang itu dilarang merayakan bulan Ramadan karena perang Israel.

“Kami sangat merindukan suasana gembira ini. Kami membutuhkan saat-saat kebahagiaan ini, meskipun itu berumur pendek,” kata ibu empat anak berusia 42 tahun itu seperti dikutip dari The New Arab, Sabtu (25/3/2023).

Untuk membuat anak-anaknya lebih bahagia, Reem membawa mereka ke berbagai pasar selama beberapa hari untuk membeli dekorasi dan makanan Ramadan.

“Walaupun harga barang sangat mahal, tidak masalah selama saya bisa melihat senyum di wajah anak-anak saya,” ucapnya.



Marwa Salama, seorang wanita paruh baya dari kota Khan Younis di selatan Gaza, telah menemukan jalannya ke pasar umum di daerahnya setelah bertahun-tahun tidak pergi ke sana.

“Baik saya maupun anak-anak saya tidak mampu membeli dekorasi Ramadan selama bertahun-tahun. Tapi situasinya telah berubah sejak putra saya yang lebih besar sekarang bekerja di pemerintahan,” kata pria berusia 52 tahun itu kepada The New Arab dengan senyum di wajahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)