100 Ribu Umat Islam Datangi Masjid Al-Aqsa, Salat Jumat Pertama Ramadan

Sabtu, 25 Maret 2023 - 04:01 WIB
loading...
100 Ribu Umat Islam Datangi Masjid Al-Aqsa, Salat Jumat Pertama Ramadan
Umat Muslim melaksanakan salat Jumat pertama di bulan Ramadan di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada 24 Maret 2023. Foto/Mostafa Alkharouf/Anadolu Agency
A A A
YERUSALEM - Salat Jumat pertama di bulan Ramadan berlangsung dengan damai meski dengan keamanan ketat yang diberlakukan setelah berbulan-bulan meningkatnya ketegangan dan kekerasan.

Kantor berita Reuters melaporkan kerumunan jemaah salat Jumat itu.

“Saya tidak bisa menjelaskan kepada Anda betapa bahagianya saya salat di Masjid Al-Aqsa. Saya berusia 50 tahun dan mereka baru saja mencabut larangan keamanan yang mencegah saya datang ke sini,” papar Nasser Abu Saleh, seorang warga kota Hebron di Tepi Barat.

Kompleks masjid, situs suci bagi Muslim dan Yahudi, yang dikenal sebagai Temple Mount, memiliki sejarah panjang konfrontasi.



Bentrok itu termasuk insiden pada tahun 2021 yang memicu perang 10 hari antara Israel dan gerakan perlawanan yang berkuasa di Gaza, Hamas.

Jemaah berduyun-duyun ke masjid, yang terletak di Kota Tua Yerusalem, pada siang hari setelah Israel mengumumkan pada Senin bahwa mereka akan mengizinkan pria Palestina di atas 55 tahun, wanita dari segala usia dan anak-anak di bawah 12 tahun untuk melakukan perjalanan dari Tepi Barat memasuki Yerusalem tanpa izin militer.

Wakaf Muslim, penjaga yang mengelola situs yang menaungi Masjid Al-Aqsa, mengatakan sekitar 100.000 orang telah berkunjung untuk shalat Jumat pertama Ramadan.



Pada salat Jumat, jamaah berdiri bahu-membahu memadati kompleks, yang juga menampung Kubah Batu emas tempat Nabi Muhammad konon Mi’raj.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)