Dipantau dan Ditangkap, Muslim China Dilarang Puasa di Bulan Ramadan

Sabtu, 25 Maret 2023 - 16:05 WIB
loading...
Dipantau dan Ditangkap, Muslim China Dilarang Puasa di Bulan Ramadan
Dipantau dan ditangkap, umat Muslim di China dilarang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Saat umat Muslim di seluruh dunia tengah menjalani puasa di bulan suci Ramadan, Muslim di China menghadapi larangan menjalankan kewajibannya itu dan tradisi budaya serta agama mereka semakin diserang.

Sebuah laporan terbaru dari kelompok hak asasi manusia mengatakan Beijing berusaha untuk menghapus budaya Muslim Hui. Dan 11,4 juta Muslim Hui China – komunitas dekat etnis China yang telah mempertahankan keyakinan Muslim mereka selama berabad-abad – berada dalam bahaya terhapus seluruhnya di bawah aturan agama yang kejam milik Partai Komunis.

Sebuah laporan dari koalisi kelompok hak asasi manusia, termasuk jaringan Pembela Hak Asasi Manusia China, mengatakan etnis Muslim Hui telah diidentifikasi oleh Beijing sebagai ancaman yang harus diselesaikan melalui asimiliasi paksa.

Ini sangat kontras dengan kebebasan relatif yang mereka nikmati sebelum Presiden Xi Jinping meluncurkan serangan baru terhadap ibadah agama, memaksa orang Kristen, Muslim, dan Budha untuk tunduk pada kontrol partai dan penyensoran kehidupan beragama mereka di bawah program "sinisasi", laporan itu dikatakan.

“Anggota komunitas Hui dapat berpartisipasi secara terbuka dalam komunitas masjid, sekolah Arab, dan ibadah pribadi, meskipun di bawah batasan yang difasilitasi oleh penghubung partai,” kata laporan itu.

"Pengusaha Hui didorong untuk mengembangkan hubungan bisnis dan pariwisata dengan dunia Muslim yang lebih luas sebagai bagian dari Belt and Road Initiative," sambung laporan itu seperti dikutip dari Radio Free Asia, Sabtu (25/3/2023).

China juga menargetkan komunitas Muslim dengan kampanye "persatuan etnis." Lewat kampanye ini para pejabat memberlakukan "kerabat" Han China pada keluarga etnis minoritas Uighur, yang kemudian menekan mereka untuk mematuhi tradisi non-Muslim, termasuk minum alkohol dan makan daging babi.

Kebijakan "persatuan" telah terjadi di Xinjiang dengan latar belakang penahanan massal setidaknya 1,8 juta orang Uighur dan etnis minoritas Muslim lainnya di kamp "pendidikan ulang", dan keterlibatan mereka dalam kerja paksa, serta di tengah laporan sistem pemerkosaan, pelecehan seksual, dan sterilisasi paksa terhadap wanita Uighur di kamp.

"Bersamaan dengan Uighur, kelompok Hui juga tunduk pada pembatasan yang bertujuan menghilangkan 'tanda-tanda ekstremisme' dan pengawasan mengganggu kehidupan publik dan pribadi," kata laporan itu.

Pada tahun 2020, pihak berwenang di provinsi timur Shandong menahan penyair dan penulis Muslim Hui Cao Haoxin, juga dikenal dengan nama penanya An Ran, setelah dia men-tweet kritik terhadap penahanan massal Uighur yang sedang berlangsung di China dan pelanggaran hak-hak Muslim lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)