3 Negara yang Melarang Warganya Berpuasa, Salah Satunya di Asia Tenggara

Jum'at, 24 Maret 2023 - 20:35 WIB
loading...
3 Negara yang Melarang Warganya Berpuasa, Salah Satunya di Asia Tenggara
China, disebut sebagai satu dari tiga negara yang melarang warga muslimnya berpuasa Ramadan. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga negara yang melarang warganya untuk berpuasa. Selain mendapatkan larangan menjalankan ibadah, para umat muslim di tiga negara ini juga mendapat perlakuan diskriminatif.

Puasa Ramadan menjadi salah satu ibadah wajib bagi umat Islam. Namun, tidak semua orang dapat menjalankannya dengan bebas dan damai.

Para umat muslim yang tinggal di tiga negara yang tidak menjunjung kebebasan beragama ini harus berjuang setiap harinya demi melawan diskriminasi dan mempertahankan keyakinan mereka.

Berikut 3 Negara yang Melarang Warganya Berpuasa

Larangan berpuasa ini dilakukan demi menghancurkan keyakinan dan kepercayaan seseorang. Tiga negara yang melarang warganya berpuasa adalah China, Korea Utara, dan Myanmar.

1. China

Dilansir dari BBC, pada tahun 2014 lalu, beberapa departemen pemerintah di wilayah barat jauh Xinjiang, China, telah melarang staf muslim berpuasa selama bulan Ramadan.

Langkah itu dilakukan sejalan dengan diperketatnya pengawasan di wilayah Xinjiang yang dihuni oleh Etnis Uighur. Langkah itu diambil usai pecahnya kekerasan di wilayah tersebut, yang menurut pihak berwenang, disebabkan oleh etnis muslim.

Kelompok etnis Islam Uighur menyangkal klaim tersebut. Para aktivis kemanusiaan juga menuding Beijing telah membesar-besarkan ancaman dari separatis Uighur untuk membenarkan tindak sewenang-wenangnya terhadap kebebasan beragama.

2. Korea Utara

Korea Utara memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak penduduk ateis. Meski begitu, menurut Proyek Kumpulan Data Karakteristik Keagamaan Negara, pada tahun 2015, masih ada sekitar 1,7 % beragama Buddha, dan 16,5 % termasuk campuran agama lain yakni Kristen dan Islam.

Menurut The Guardian, meskipun konstitusi Korea Utara menyatakan kebebasan beragama, namun dalam praktiknya hal tersebut adalah palsu. Seseorang akan dipaksa untuk belajar tentang efek negatif bila di negaranya terdapat suatu agama yang tumbuh besar.

Hal tersebutlah yang membuat lingkungan Korea Utara banyak yang menjadi penganut agnostik. Sehingga para pemegang kepercayaan atau umat beragama harus beribadah secara tertutup untuk menghindari sanksi serius.

Aturan mengerikan yang ada di Korea Utara ini diterapkan untuk seluruh ajaran agama. Sehingga tidak akan ada bulan suci Ramadan, tidak ada hari Natal maupun perayaan keagamaan lain.

3. Myanmar

Ketika Myanmar melakukan pembantaian terhadap etnis Rohingya, terdapat banyak tindakan diskriminatif yang dilakukan oleh para ekstrimis Buddha bersama dengan pihak militer bersenjata.

Mulai dari kasus penutupan beberapa madrasah, pengekangan ibadah ketika bulan suci Ramadan, hingga pembunuhan dan pembantaian terhadap umat Islam.

Perlakuan yang dilakukan Myanmar ini, oleh Amerika Serikat, dinyatakan sebagai genosida. Ratusan ribu muslim Rohingya telah meninggalkan Myanmar sejak penumpasan militer yang dimulai pada 2017.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)