Medvedev: Jika Jerman Putuskan Tangkap Putin, Itu Deklarasi Perang pada Rusia

Kamis, 23 Maret 2023 - 17:53 WIB
loading...
Medvedev: Jika Jerman Putuskan Tangkap Putin, Itu Deklarasi Perang pada Rusia
Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev. Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev mengatakan jika Jerman memutuskan melaksanakan keputusan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) tentang "penangkapan" Presiden Rusia Vladimir Putin, ini sama dengan menyatakan perang terhadap Rusia.

Sebelumnya, Menteri Kehakiman Jerman Marco Buschmann mengatakan surat perintah "penangkapan" Putin akan berlaku di Jerman setelah ada permintaan dari ICC.

Perintah tersebut juga didukung Kanselir Jerman Olaf Scholz yang dalam kunjungannya ke Jepang mengatakan, "Tidak ada yang kebal hukum."

"Beberapa orang idiot, setengah dungu seperti menteri kehakiman Jerman, berkata, 'Baiklah, jika dia datang, kami akan menangkapnya.'.. Apakah dia mengerti apa artinya? Mari kita bayangkan... kepala petahana satu negara nuklir tiba di wilayah, katakanlah, Jerman dan ditangkap. Apa ini? Deklarasi perang terhadap Federasi Rusia!" tegas Medvedev dalam wawancara dengan media besar Rusia, termasuk Sputnik.



Dia mengatakan Rusia dalam situasi seperti itu akan menggunakan semua cara yang tersedia untuk menargetkan "Bundestag, kantor kanselir, dan sebagainya."

Medvedev mengatakan keputusan seperti yang dibuat ICC menciptakan potensi negatif yang sangat besar.

Pada 17 Maret, ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan Putin dan Komisaris Presiden Rusia untuk Hak Anak Maria Lvova-Belova, mengutip "pemindahan penduduk (anak-anak) yang melanggar hukum dari wilayah pendudukan Ukraina ke Federasi Rusia."

Kremlin mengatakan Rusia bukan pihak dalam ICC dan keputusan pengadilan secara hukum batal demi hukum untuk negara tersebut.



Hubungan antara Rusia dan Barat berada pada titik terendah sepanjang masa, menurut Medvedev.

“Kami sudah memiliki hubungan yang sangat buruk dengan dunia Barat. Yah, mereka mungkin tidak pernah seburuk ini dalam sejarah. Bahkan pada saat Churchill menyampaikan pidato Fulton, mereka lebih baik,” ujar Medvedev.

Dia melanjutkan dengan mengatakan meskipun saat ini tidak ada ilusi bahwa hubungan akan segera normal kembali, komunikasi dengan Barat akan dipulihkan di beberapa titik.

Medvedev mengatakan dia tidak menyukai para pemimpin Barat yang berkuasa. Dia menambahkan dalam situasi tertentu, tidak masuk akal untuk bernegosiasi dengan negara lain.

“Menurut saya, dalam situasi tertentu tidak ada gunanya mencoba untuk setuju. Perlu untuk mengabaikan, dan dalam beberapa kasus membuat keputusan seperti yang dibuat pada 24 Februari tahun lalu. Karena kesepakatan dalam beberapa kasus kontraproduktif,” papar dia.

Medvedev juga mencatat penurunan kompetensi para pemimpin UE.

Wakil ketua Dewan Keamanan Rusia mengatakan Barat ingin menggoyahkan situasi politik di Rusia.

"Mereka tidak ingin melihat Federasi Rusia sendiri, mereka tidak membutuhkan kita. Dan ini adalah gagasan geopolitik dan geostrategis mereka di masa lalu. Mengapa mereka membutuhkan negara seperti itu, yang memiliki wilayah yang sangat luas dan perisai nuklir paling serius? dan siapa yang bahkan tidak mematuhi orang Amerika?" ujar Medvedev.

"Oleh karena itu, keinginannya sangat sederhana: untuk mengacaukan situasi politik, untuk membagi negara menjadi beberapa bagian, yang begitu besar, untuk bernegosiasi dengan masing-masing bagian ini, untuk denuklirisasi dan demiliterisasi setiap bagian, dan kemudian datang dan menawarkan layanan mereka, dengan mengatakan, 'Teman-teman, sekarang kamu butuh seseorang untuk melindungimu, bukan?'" ungkap dia.

Medvedev mengatakan Barat tidak menyukai kemerdekaan Rusia dan China.

Perputaran perdagangan antara Rusia dan Uni Eropa menyusut secara serius karena keputusan UE, tetapi Eropa kehilangan lebih banyak daripada Rusia, menurut wakil ketua Dewan Keamanan Rusia.

“Baru-baru ini, omzet perdagangan kami dengan Uni Eropa adalah USD400 miliar, sekarang telah menyusut sangat banyak karena mereka membuat keputusan bodoh. Ya, biarlah Tuhan yang menilai mereka, mereka kehilangan lebih banyak daripada kami, menurut pendapat saya," papar Medvedev dalam wawancara dengan media terkemuka Rusia, termasuk Sputnik.

Berfokus pada krisis Ukraina, Medvedev mengatakan dia percaya Ukraina "pada umumnya adalah bagian dari Rusia".

“Ukraina pada umumnya adalah bagian dari Rusia, sejujurnya, itu adalah bagian dari Rusia. Tetapi karena alasan geopolitik... dan sejarah... kami telah lama menerima kenyataan bahwa kami tinggal di apartemen yang berbeda,” ujar dia.

Dia menjelaskan, “Kami dipaksa untuk mempertimbangkan ini, perbatasan fiktif ini, wilayah yang selalu menjadi bagian dari... Kekaisaran Rusia, itu semua adalah Kekaisaran Rusia... kecuali beberapa wilayah yang datang kepada kami sebagai hasil dari Perang Dunia II. Tapi wilayah ini juga awalnya dihuni oleh penduduk Rusia dan selalu menjadi bagian dari Rusia dalam arti sempit."

Dia mengatakan jika Ukraina bergabung dengan NATO, Rusia akan mendapatkan tetangga yang berencana memproduksi senjata nuklir dan merupakan bagian dari blok yang tidak ramah.

Dia menambahkan Kiev kemudian dapat melancarkan operasi skala penuh melawan Rusia karena Crimea, dan Moskow tidak dapat menerimanya.

“Dan Anda ingin kami tahan dengan itu? Khususnya terutama dalam kondisi ketika kami berselisih tentang Crimea: kami menganggapnya sebagai wilayah kami, mereka menganggapnya milik mereka. Jadi mereka bergabung dengan NATO dan setelah itu, di bawah payung NATO, mereka memulai operasi besar-besaran melawan negara kami, kami tidak dapat menerima ini,” ujar Medvedev.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)