China Nasihati AS Soal Ukraina: Stop Kipasi Api Konflik

Kamis, 23 Maret 2023 - 03:18 WIB
loading...
China Nasihati AS Soal Ukraina: Stop Kipasi Api Konflik
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin. Foto/Twitter@Sinnaig
A A A
BEIJING - Amerika Serikat (AS) harus berhenti "mengipasi api" konflik di Ukraina alih-alih membuat tuduhan terhadap Beijing. Hal itu diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin.

Pernyataan Wang merespons pernyataan juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby pada hari sebelumnya. Kirby mengatakan tidak dapat melihat China tidak memihak ketika menyangkut masalah pertempuran antara Moskow dan Kiev.

"Beijing telah gagal mengutuk operasi militer Rusia, sambil terus membeli energi dari negara tersebut," tambah Kirby.

Kirby mencatat bahwa Presiden China Xi Jinping merasa cocok untuk terbang jauh-jauh ke Moskow minggu ini, tetapi tidak pernah berbicara dengan rekannya dari Ukraina, Volodymyr Zelensky.



Menanggapi hal itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China menolak klaim Kirby. Ia menyatakan bahwa AS sendiri terlalu terlibat dalam konflik di Ukraina untuk menuduh Beijing bias.

“Pihak AS mengklaim bahwa sikap China tidak memihak. Tetapi apakah tidak memihak untuk terus memasok senjata ke medan perang? Apakah tidak memihak untuk terus-menerus meningkatkan konflik? Apakah tidak memihak membiarkan efek krisis meluas secara global?” Kata Wang, mengacu pada kebijakan pemerintahan Biden.

"Kami menyarankan pihak Amerika untuk memikirkan kembali pendiriannya sendiri tentang masalah Ukraina, berpaling dari jalan yang salah dengan menambahkan bahan bakar ke dalam api, dan berhenti menyalahkan China," imbuhnya.

"China tidak memiliki motif egois dalam masalah Ukraina, tidak berpangku tangan...atau mencari keuntungan untuk dirinya sendiri," tegas Wang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)