Spesifikasi Kapal Perang Rusia Corvette Steregushchiy

Selasa, 21 Maret 2023 - 17:30 WIB
loading...
Spesifikasi Kapal Perang Rusia Corvette Steregushchiy
Kapal korvet kelas Steregushchiy. Foto/navyrecognition.com
A A A
MOSKOW - Kapal korvet kelas Steregushchiy merupakan kapal multiperan yang dibangun galangan kapal JSC Severnaya Verf serta pabrik pembuatan kapal Amur untuk Angkatan Laut Rusia. Korvet ini dimaksudkan untuk menggantikan korvet kelas Grisha.

Kelas Steregushchiy digunakan dalam operasi patrol pesisir, pengawalan, dan perang anti-kapal selam. Diketahui, kapal juga dapat melibatkan kapal permukaan, kapal selam, pesawat terbang serta target berbasis pantai.

Korvet Steregushchiy diluncurkan pada Mei 2006, lalu menjalani uji coba pada November 2006. Kapal kelas Steregushchiy dirancang Almaz Central Marine Design Bureau. Korvet menggabungkan lambung baja, superstruktur komposit, serta busur bulat.

Lambung dibagi menjadi sembilan subdivisi kedap air. Kapal juga dilengkapi dengan teknologi siluman yang secara signifikan mengurangi deteksi radar kapal.



Kapal yang mempunyai panjang 105 meter dan lebar 13 meter ini mempunyai kecepatan maksimal 27 not. Selain itu, kapal juga dapat memuat 100 personel termasuk kru pemeliharaan. Kapal kelas ini menampilkan sistem manajemen informasi tempur Sigma.

Sistem tersebut mengumpulkan informasi dari radar serta sensor yang memberikan kesadaran situasional.

Hal tersebut juga memungkinkan kapal untuk bertukar informasi intelijen dengan unit angkutan laut lainnya dalam kelompok pertempuran.

Kapal dipersenjatai dengan kombinasi sistem rudal Kh-35 dan rudal 3M-54 Klub. Dua sistem anti-pesawat menyediakan pertahanan udara jarak dekat terhadap rudal anti-kapal, pesawat terbang, serta target permukaan.

Meriam utama yang dipasang di depan kapal merupakan meriam angkatan laut Arsenal A-190 100mm.

Dua dudukan senapan otomatis AK-630M 30mm juga dipasang di kapal. Diketahui, AK-630M dapat menembakkan hingga 5.000 putaran per menit untuk jarak maksimum 5 kilometer.

Korvet kelas Steregushchiy ditenagai oleh sistem propulsi diesel dan diesel gabungan (CODAD). Empat mesin diesel 16D49 mengembangkan total output daya 23.320 horse power.

Empat set diesel on-board menghasilkan listrik 2.520 Kw untuk penerangan kapal. Kapal dengan daya jelajah 4.000 mil ini mempunyai daya tahan di laut selama 15 hari.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)