Pemandangan Horor, Jutaan Ikan Mati Menyumbat Sungai Australia

Sabtu, 18 Maret 2023 - 15:57 WIB
loading...
Pemandangan Horor, Jutaan Ikan Mati Menyumbat Sungai Australia
Jutaan ikan mati menyumbat Sungai Darling di Australia. Foto/Graeme McCrabb via news.com.au
A A A
NEW SOUTH WALES - Sebuah pemandangan horor terjadi di area sungai yang luas di New South Wales, Australia, di mana jutaan ikan mati dan membusuk telah menyumbat hamparan perairan tersebut.

Video yang dirilis media lokal menunjukkan perahu mencoba melintasi "selimut" ikan mati yang menutupi air sungai, dengan permukaan di bawahnya hampir tidak terlihat.

Pemerintah New South Wales mengatakan pada hari Jumat (17/3/2023) bahwa jutaan ikan telah mati di Sungai Darling dekat kota kecil Menindee. Itu adalah kematian massal ikan ketiga yang melanda wilayah tersebut sejak 2018.

"Benar-benar mengerikan, ada ikan mati sejauh yang Anda lihat," kata Graeme McCrabb, warga Menindee kepada AFP, Sabtu (18/3/2023).



"Sungguh tidak masuk akal untuk dipahami," katanya, seraya menambahkan bahwa kematian massal ikan tahun ini tampaknya lebih buruk dari sebelumnya.

"Dampak lingkungannya tak terduga," imbuh dia.

Menurut pemerintah negara bagian setempat, populasi ikan seperti herring bertulang dan ikan mas telah berkembang pesat di sungai setelah banjir baru-baru ini. Namun sekarang mati dalam jumlah besar karena air banjir surut.

"Kematian ikan ini terkait dengan rendahnya kadar oksigen di dalam air (hipoksia) saat air banjir surut," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

"Cuaca panas saat ini di wilayah tersebut juga memperburuk hipoksia, karena air yang lebih hangat mengandung lebih sedikit oksigen daripada air dingin, dan ikan memiliki kebutuhan oksigen yang lebih tinggi pada suhu yang lebih hangat."

Kematian ikan sebelumnya di Menindee—sekitar 12 jam berkendara ke arah barat Sydney—disebabkan oleh kurangnya air di sungai karena kekeringan yang berkepanjangan, dan mekarnya ganggang beracun yang membentang lebih dari 40 km.

"Sayangnya, ini bukan yang terakhir," kata pemerintah New South Wales saat memperingatkan kejadian tahun 2019.

Juru bicara perikanan pemerintah negara bagian, Cameron Lay, mengatakan bahwa mengerikan melihat sungai tersumbat oleh ikan mati.

"Kami melihat puluhan kilometer di mana ada ikan sejauh mata memandang, jadi ini pemandangan yang cukup menantang," katanya kepada ABC.

Menindee berpenduduk sekitar 500 orang dan dilanda kekeringan dan banjir dalam beberapa tahun terakhir.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)