Ikuti Jejak Polandia, Slovakia Kirim Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina

Jum'at, 17 Maret 2023 - 21:41 WIB
loading...
Ikuti Jejak Polandia, Slovakia Kirim Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina
Ikuti jejak Polandia, Slovakia kirim jet tempur MiG-29 ke Ukraina. Foto/shropshire star
A A A
BRATISLAVA - Slovakia menjadi sekutu Ukraina kedua yang menyediakan jet tempur MiG-29 di mana menurut Kiev sangat penting untuk menghalau invasi Rusia.

Slovakia bergabung dengan Polandia, yang mengumumkan pengiriman jet tempur yang dibutuhkan Kiev pada Kamis kemarin. Kedua anggota NATO itu bertetangga dengan Ukraina.

Slovakia telah mempensiunkan armadanya yang terdiri dari 11 pesawat MiG-29 musim panas lalu dan sebagian besar tidak dalam kondisi operasional. Slovakia akan mengirimkan yang sudah beroperasi dan sisanya untuk suku cadang.

Selain mengirimkan jet tempur MiG-29, Perdana Menteri Eduard Heger mengatakan, Slovakia juga akan memasok bagian dari sistem pertahanan udara KUB.



"Hari ini, pemerintah memutuskan dan dengan suara bulat menyetujui kesepakatan internasional (tentang donasi)," kata Heger.

“Proses penyerahan jet tempur ini dikoordinasikan secara erat dengan pihak Polandia, dengan Ukraina dan, tentu saja, dengan sekutu lainnya,” imbuhnya seperti dilansir dari Reuters, Jumat (17/3/2023).

Nantinya Slovakia akan menerima kompensasi keuangan dari Uni Eropa. Negara itu juga telah mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS) tentang pengiriman material militer senilai sekitar USD700 juta atau sekitar Rp10,7 triliun, kata Heger.

Slovakia telah memesan jet tempur F-16 dari AS pada 2018 untuk menggantikan pesawat MiG-29 yang sudah tua. Pesawat buatan AS pertama diharapkan tiba pada 2024 setelah penundaan.

Pemerintahan Heger memerintah dalam kapasitas sementara hingga pemilihan awal yang ditetapkan pada September, yang membuat oposisi dan bahkan beberapa anggota koalisi yang berkuasa mempertanyakan apakah kabinet diizinkan untuk memutuskan hal seperti pengiriman jet tempur MiG.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)