Seru! Tonton Video Drone AS Dikejar Jet Tempur Rusia, Lalu Dihujani Bahan Bakar

Jum'at, 17 Maret 2023 - 08:21 WIB
loading...
Seru! Tonton Video Drone AS Dikejar Jet Tempur Rusia, Lalu Dihujani Bahan Bakar
Jet tempur Rusia menjatuhkan bahan bakar di atas drone AS di Laut Hitam. Foto/pentagon/rt.com
A A A
WASHINGTON - Pentagon merilis video pada Kamis (16/3/2023), yang dikatakan diambil dari pesawat tak berawak (drone) MQ-9 Reaper AS saat pertemuan dekat dengan jet tempur Su-27 Rusia.

Video itu berhasil direkam beberapa saat sebelum drone Amerika jatuh ke Laut Hitam awal pekan ini.

Klip 50 detik yang diberikan kepada media menunjukkan pesawat pencegat mendekati drone dari belakang dan tampaknya mengeluarkan bahan bakar saat naik.



Pentagon mengklaim jet Rusia melakukan beberapa manuver seperti itu pada Selasa, termasuk salah satunya di mana baling-baling ekor pesawat tak berawak diduga tertabrak dan rusak.

Rekaman itu tampaknya menunjukkan dua di antaranya, dengan kamera yang bermasalah dua kali.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah adanya tabrakan dan mengklaim drone AS menukik setelah melakukan manuver berbahaya.



Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengatakan penyebab insiden itu adalah serangan pesawat tak berawak ke suatu zona, yang dinyatakan militer Rusia terlarang karena operasi militer khusus yang sedang berlangsung di Ukraina.

Duta Besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov menyatakan pesawat Amerika yang berpotensi bersenjata tidak boleh terbang di dekat perbatasan Rusia.

Insiden itu memicu ketegangan baru antara Rusia dan AS. Senator AS pun menyarankan aksi balasan agar jet tempur Rusia ditembak.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)