Duta Besar Rusia Sebut Senator AS Ingin Perang Nuklir

Jum'at, 17 Maret 2023 - 07:26 WIB
loading...
Duta Besar Rusia Sebut Senator AS Ingin Perang Nuklir
Jet tempur F-16 Angkatan Udara AS menembakkan rudal AIM-120 di atas Teluk Meksiko. Foto/usaf
A A A
WASHINGTON - Duta Besar Rusia untuk Amerika Serikat (AS) Anatoly Antonov menuduh Senator Lindsey Graham mencoba memprovokasi "eskalasi berbahaya" antara kedua negara.

Sebelumnya dilaporkan anggota parlemen senior AS itu mendesak Pentagon menembak jet tempur Rusia.

Ditanya tentang komentar Graham pada Rabu (15/3/2023), Duta Besar Anatoly Antonov mengatakan seruan senator untuk menembak jatuh pesawat Rusia “jauh di luar akal sehat” dan mempertaruhkan perang habis-habisan antara kekuatan nuklir terbesar di dunia.

“Ini sama sekali bukan upaya pertama oleh anggota parlemen terkenal untuk memprovokasi eskalasi berbahaya dalam hubungan AS-Rusia. Setahun yang lalu dia mendesak warga kami untuk melakukan upaya pembunuhan terhadap presiden Rusia,” ujar Antonov.



"Apakah Senator Graham benar-benar percaya bahwa bentrokan militer langsung dengan Rusia adalah untuk kepentingan para pemilih yang mempercayakan hidup dan mata pencaharian mereka?" ungkap dia.

Antonov menambahkan, “Apakah Capitol bersedia menempatkan warga Amerika dan komunitas internasional dalam risiko perang nuklir skala penuh? Beri kami jawaban, Senator terhormat!”

Graham muncul di Fox News sebelumnya pada Rabu untuk membahas insiden baru-baru ini antara jet tempur Rusia dan pesawat tak berawak MQ-9 Reaper AS di dekat Crimea.

Dia menyerukan tanggapan keras dari Presiden AS Joe Biden setelah UAV terjun ke Laut Hitam.

“Apa yang akan dilakukan Ronald Reagan sekarang? Dia akan mulai menembak jatuh pesawat Rusia, jika mereka mengancam aset kami,” tegas Graham kepada outlet tersebut, merujuk pada pemimpin AS yang bertugas di puncak Perang Dingin dengan Uni Soviet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)