Negara di Sekitar Rusia yang Jadi Tempat Latihan Tentara AS

Kamis, 16 Maret 2023 - 18:57 WIB
loading...
Negara di Sekitar Rusia yang Jadi Tempat Latihan Tentara AS
Sejumlah negara di sekitar Rusia pernah menjadi lokasi latihan tentara AS. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara yang berada di sekitar Rusia pernah menjadi tempat latihan tentara Amerika Serikat (AS). Pasukan militer ini melakukan latihan pengintaian hingga simulasi penyerbuan. Tak jarang, latihan tentara Amerika Serikat ini juga diikuti oleh beberapa negara lain. Berikut daftarnya.

1. Estonia

Militer AS bersama sekutu NATO menggelar latihan di Estonia, Mei 2022. Pasukan AS mengatakan latihan militer tersebut melibatkan 15.000 pasukan tentara Estonia serta sekutu yang berlatih dengan marinir dari USS Kearsage Amphibious Group dan The 22nd Marine Expeditionary Unit.

Dikatakan latihan militer tersebut sebagai bukti kekuatan hubungan AS dengan Estonia serta mitranya di Baltik. Latihan mencakup pendaratan amfibi diikuti dengan latihan kekuatan hingga serangan vertikal.

2. Latvia

Sejumlah helikopter Apache serta senjata militer AS tiba di Latvia pada Februari 2022. Militer AS dan sejumlah pasukan NATO berpartispasi dalam latihan militer bersama dengan Angkatan Bersenjata Latvia.

Latihan militer tersebut dilakukan guna meningkatkan kohesi pasukan sekutu selama operasi taktis, termasuk saat musim dingin. Latihan militer mencakup pelatihan pengintaian hingga perlindungan anti-udara.

3. Lithuania

Prajurit AS melakukan latihan militer dengan menggunakan kendaraan tempur M2 Bradley di Pabrade Training Area, Lithuania, pada 13-15 Oktober 2022. Latihan tersebut merupakan bagian dari persiapan kompi yang dirancang guna mempersiapkan unit operasi tempur komando batalion. Angkatan Darat AS memfokuskan dalam operasi tempur skala besar.

Pelatihan berlangsung selama beberapa bulan. Latihan tembak dilakukan untuk menguji keterampilan prajurit secara individu melalui sertifikasi peleton.

4. Polandia

Militer AS dan Polandia melakukan latihan Saber Strike pada Februari 2022 di Polandia. Latihan tersebut juga melibatkan 13.000 pasukan dari 13 negara.

Saber Strike merupakan latihan multinasional Angkatan Daratan Amerika Serikat di Eropa dan Afrika yang dilakukan sejak 2010. Latihan Saber Strike ini memberikan pelatihan musim dingin serta meningkatkan interoperabilitas pertahanan udara di wilayah Baltik.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)