7 Masjid di Rusia dengan Arsitektur Indah, Salah Satunya Punya Al Quran Raksasa

Rabu, 15 Maret 2023 - 20:15 WIB
loading...
7 Masjid di Rusia dengan Arsitektur Indah, Salah Satunya Punya Al Quran Raksasa
Masjid Lala Tulip di Rusia yang memiliki arsitektur unik. FOTO/Iqna
A A A
MOSKOW - Beberapa Masjid di Rusia ini terkenal akan kemegahan dan keindahannya. Meski masyarakat Rusia mayoritas beragama Kristen Ortodok, namun tempat ibadah agama lain cukup banyak bertebaran di seantero negeri.

Dalam survei yang dilakukan oleh Levada Center di tahun 2020, menyebutkan bahwa terdapat 7% dari total populasi di Rusia yang memeluk ajaran Islam. Sementara 63% beragama kristen dan sisanya mengaku tak beragama.

Berikut sejumlah masjid di Rusia yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya:

7 Masjid di Rusia dengan Arsitektur Indah, Salah Satunya Punya Al Quran Raksasa


1. Kul Sharif

Masjid megah dengan kombinasi warna biru muda dan putih ini memiliki enam menara setinggi 55 meter. Menurut Russia Beyond, bentuk "Topi Kazan" menginspirasi bentuk arsitektur masjid Kul Sharif di Kazan. Masjid ini dibangun di tempat kuil menara legendaris, yang telah dihancurkan.

2. Lala Tulip

Masjid Lala Tulip merupakan pusat peribadatan utama bagi rakyat Bashkortostan. Tampilan masjid ini sangatlah unik. Dengan bangunan utama mirip dengan bunga tulip yang sedang mekar dan dua menara yang menyertainya berbentuk kuncup bunga tulip.

3. Bulgar

Dilansir dari Travel Triangle, Masjid Rusia ini memiliki bangunan megah bercat putih yang terlihat mirip dengan Taj Mahal di India. Bahkan orang orang menyebut masjid ini sebagai 'Karan Taj Mahal'.

Bangunan suci ini bahkan telah mendaftarkan namanya sebagai situs warisan dunia yang telah diakui UNESCO. Di dalam Masjid Bulgar terdapat Al Quran terbesar yang dihiasi oleh permata dengan berat sekitar 800 kg.

7 Masjid di Rusia dengan Arsitektur Indah, Salah Satunya Punya Al Quran Raksasa

4. Noorda Kamal

Masjid yang terletak di kota Arktik Norilsk ini terdaftar dalam Guinness Book of Records sebagai masjid yang letaknya paling utara di dunia.

Bentuk arsitektur masjid ini terkesan sederhana dengan satu menara dan bangunan masjid yang dibuat melingkar. Masjid tersebut dibangun oleh pengusaha Mithada Bikbayeva, seorang etnis Tatar yang lahir di Norilsk.

5. Mukhtarov

Masjid unik di Rusia ini terletak di Vladikavkaz dan mampu menampung sekitar 5000 jamaah. Bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1900 an ini memiliki latar belakang Pegunungan Kaukasus dan punya dua menara yang indah.

6. Masjid St. Petersburg

Masjid yang telah didirikan sejak 1910 ini merupakan salah satu yang terbesar di Rusia. Bangunan yang megah ini mampu menampung hingga 5.000 jamaah. Terdapat pula dua menara setinggi 49 meter yang menghiasinya.


7. Heart of Chechnya

Masjid ini mendapatkan namanya dari presiden pertama Republik Chechnya, Akhmad Kadyrov. Bangunan yang terletak di Grozny ini berdiri kokoh di tanah seluas 14 hektar. Tak ayal bila masjid tersebut mampu menampung 10.000 jamaah.

Dinding eksterior dan interior masjid ini dihiasi dengan marmer. Terdapat pula pola tulisan arab yang dilukis oleh seniman Turki di bagian dalamnya. Selain itu, lampu gantung berhias kristal Swarovski juga turut memberikan kesan mewah pada masjid ini.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)