Profil Ron DeSantis, Gubernur Florida

Rabu, 15 Maret 2023 - 18:15 WIB
loading...
Profil Ron DeSantis, Gubernur Florida
Profil Ron DeSantis, Gubernur Florida sejak 2019. FOTO/Gage Skidmore
A A A
FLORIDA - Ronald Dion DeSantis atau lebih dikenal Ron DeSantis merupakan politikus Partai Republik yang menjabat sebagai Gubernur Florida , Amerika Serikat, sejak 2019. DeSantis lahir di Jacksonville, Florida pada 14 September 1978. Sebelum menjadi Gubernur Florida, ia merupakan anggota DPR Amerika Serikat periode 2013-2018.

Seperti dikutip dari Brtannica, DeSantis merupakan anak tertua dari dua bersaudara. Ia menjadi pemain bisbol terkenal saat menempuh pendidikan di Universitas Yale. DeSantis lulus dari Universitas Yale dalam bidang sejarah. Ia melanjutkan studinya di Harvard Law School dengan meraih gelar Juris Doctor.



Sebelum masuk dunia politik, ia juga pernah bertugas di Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada 2010, DeSantis menikah dengan Casey Black, seorang reporter dan pembawa acara. Dalam catatan kariernya, DeSantis pernah bekerja sebagai jaksa federal.

Pada 2011, DeSantis menerbitkan buku bertajuk Dreams from Our Founding Fathers: First Principles in the Age of Obama. Melalui buku tersebut, ia mengkritik kebijakan Presiden Barack Obama.

Setahun kemudian, DeSantis terpilih menjadi anggota Kongres sebagai perwakilan Amerika Serikat untuk distrik Florida. Selama menjabat, ia turut mendirikan House Freedom Caucus pada 2015.



Setelah mendapat dukungan dari Presiden AS Donald Trump saat itu, DeSantis mengumumkan pencalonan dirinya sebagai Gubernur Florida pada 2018. Ia berhasil mengalahkan Andrew Gillum dari Partai Demokrat.

DeSantis mulai menjabat sebagai Gubernur Florida pada 2019. Ia pun langsung menjadi perbincangan yang kontroversi, terutama ketika virus Covid-19 merebak pada 2020. Ia mencabut pembatasan wilayah di Florida lebih awal dibandingkan wilayah lainnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)