Polisi Pakistan Bentrok dengan Pendukung Imran Khan

Rabu, 15 Maret 2023 - 15:50 WIB
loading...
Polisi Pakistan Bentrok dengan Pendukung Imran Khan
Polisi Pakistan Bentrok dengan Pendukung Imran Khan. FOTO/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Polisi Pakistan menembakkan gas air mata ke pekarangan rumah Lahore Imran Khan pada Rabu (15/3/2023), menyusul bentrokan kekerasan malam antara petugas keamanan dan pendukung mantan perdana menteri. Bentrokan terjadi ketika pihak berwenang untuk menangkapnya.

Sejauh ini, sebanyak 69 orang telah terluka dalam kekerasan di kota timur itu, termasuk 34 petugas polisi, seorang pejabat polisi Pakistan mengatakan kepada CNN tanpa menyebut nama. Ia menambahkan bahwa orang-orang di dalam kediaman Khan dipersenjatai dengan senjata.



Bentrokan meletus Selasa, setelah polisi tiba di properti itu untuk menangkap Khan karena tidak hadir di pengadilan atas tuduhan korupsi.

Rekaman yang dibagikan oleh partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) Khan dan media lokal menunjukkan polisi menembakkan gas air mata dan meriam air ke pendukung Khan dalam upaya untuk membubarkan mereka. Pendukung mantan perdana menteri melemparkan batu sebagai balasannya, menurut sebuah tweet dari polisi Islamabad.

Protes juga pecah di kota-kota besar di seluruh Pakistan pada hari Selasa untuk mendukung Khan, yang merilis video di media sosial yang meminta para pengikutnya untuk "keluar" untuk mendukung gerakannya jika dia ditahan.



Khan, yang digulingkan dalam mosi tidak percaya parlemen April lalu, sejak itu memimpin kampanye populer melawan pemerintah saat ini, menuduhnya berkolusi dengan militer untuk mencopotnya dari jabatan.

Dia menuduh pihak berwenang Pakistan berusaha menangkapnya untuk mengeluarkannya dari pemilihan sela yang akan datang pada bulan April dan pemilihan umum yang dijadwalkan pada bulan Oktober.

“[Pemerintah], mereka takut jika saya berkuasa, saya akan meminta pertanggungjawaban mereka,” kata Khan kepada CNN pada hari Selasa. “Mereka juga tahu bahwa meskipun saya masuk penjara, kami akan mengayunkan pemilihan tidak peduli apa yang mereka lakukan,” lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)