Bom Bunuh Diri Tewaskan 10 Personel Polisi Pakistan

Selasa, 07 Maret 2023 - 03:30 WIB
loading...
Bom Bunuh Diri Tewaskan 10 Personel Polisi Pakistan
Ilustrasi
A A A
QUETTA - Sebuah bom bunuh diri menewaskan sedikitnya 10 petugas polisi di Pakistan barat daya pada Senin (6/3/2023). Selain korban tewas, insiden ini juga menimbulkan belasan korban luka.

Serangan bom bunuh diri itu menargetkan sebuah truk polisi di dekat Sibi, sebuah kota yang terletak 160 km timur Quetta di provinsi Balochistan.



"Pembom bunuh diri mengendarai sepeda motor dan menabrak truk dari belakang," kata pejabat polisi senior Abdul Hai Aamir kepada kantor berita AFP.

Pihak berwenang mengatakan, petugas polisi kembali dari pertunjukan ternak selama seminggu, di mana mereka memberikan keamanan. Foto-foto setelahnya menunjukkan truk terbalik di jalan dengan jendela pecah.

"Para teroris yang melakukan serangan seperti itu adalah musuh Pakistan," kata Kepala Menteri Balochistan Abdul Qudoos Bizenjo.

Kelompok ekstremis "Negara Islam" (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan pada Senin malam. Associated Press melaporkan bahwa kelompok militan yang baru dibentuk, Tehreek-e-Jihad, juga mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut.



Pakistan mengalami peningkatan serangan terhadap polisinya setelah gagalnya pembicaraan damai antara pemerintah dan Taliban Pakistan pada November. Bulan lalu, lima orang tewas setelah regu bunuh diri Taliban menyerang kompleks polisi di Karachi.

Pada bulan Januari, sebuah bom di masjid polisi di Peshawar menewaskan lebih dari 80 petugas. “Terlepas dari pandangan ideologis, etnis, dan politik yang berbeda, (kelompok militan) semuanya terikat oleh satu tujuan: menyerang pasukan keamanan dan menanamkan rasa takut dan ketidakpastian di Pakistan,” Imtiaz Gul, analis Pusat Penelitian dan Studi Keamanan di Islamabad.

Balochistan, yang berbatasan dengan Afghanistan dan Iran, adalah provinsi terbesar dan berpenduduk paling sedikit di Pakistan. Kelompok separatis etnis termasuk Tentara Pembebasan Balochistan (BLA) telah lama mengobarkan pemberontakan tingkat rendah terhadap pemerintah Pakistan.

"Terorisme di Balochistan adalah bagian dari agenda jahat untuk membuat negara tidak stabil," kata Perdana Menteri Shehbaz Sharif dalam sebuah pernyataan pada Senin.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)