Ini Alasan Australia Ngotot Ingin Punya Kapal Selam Nuklir

Selasa, 14 Maret 2023 - 19:12 WIB
loading...
Ini Alasan Australia Ngotot Ingin Punya Kapal Selam Nuklir
Australia mengatakan kapal selam nuklir AS diperlukan untuk melawan militerisasi China. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
CANBERRA - Menteri Pertahanan Australia Richard Marles mengatakan kesepakatan untuk membeli kapal selam serang bertenaga nuklir dari Amerika Serikat (AS) diperlukan untuk melawan penumpukan militer konvensional terbesar di kawasan itu sejak Perang Dunia II.

Pejabat Australia mengatakan kesepakatan itu akan menelan biaya hingga USD245 miliar atau sekitar Rp3.768 kuadriliun selama tiga dekade ke depan dan menciptakan 20.000 pekerjaan. Itu terjadi pada saat China dengan cepat membangun militernya sendiri.

Marles mengatakan telah melakukan upaya diplomatik besar-besaran selama berbulan-bulan menjelang pengumuman kesepakatan pada Senin ini, termasuk melakukan lebih dari 60 panggilan telepon ke para pemimpin regional dan dunia. Australia bahkan telah menawarkan untuk menjaga China tetap dalam lingkaran.

“Kami menawarkan briefing. Saya belum ikut briefing dengan China,” kata Marles seperti dilansir dari The Associated Press, Selasa (14/3/2023).

Ditanya oleh wartawan apakah China telah menolak pengarahan atau menanggapi sama sekali, Marles menjawab: "Saya tidak mengetahui tanggapan itu."

Tanpa secara khusus menyebut China, Marles mengatakan Australia perlu menanggapi pembangunan militer di Pasifik.



“Kegagalan untuk melakukannya akan membuat kita dikutuk oleh sejarah,” serunya.

Marles mengatakan Australia bermaksud untuk meningkatkan kemampuan militernya dan membelanjakan lebih banyak untuk pertahanan di masa depan, sesuatu yang ingin dibuat transparan.

“Anda tahu, kekhawatiran kami tentang penumpukan militer lainnya adalah bahwa hal itu terjadi dengan cara yang tidak jelas, dan di mana tetangga merasa tidak nyaman mengapa hal itu terjadi,” katanya. “Itulah mengapa kami melakukan upaya sedemikian rupa untuk menjelaskan dengan tepat mengapa kami mengambil langkah-langkah yang kami ambil.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)